Dorong Majalengka Jadi Lumbung Pangan Nasional

indopos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka menjadikan daerahnya sebagai lumbung pangan. Pasalnya, Majalengka memiliki pertanian dan peternakan yang subur.

“Pesan saya Pemkab Majalengka konsentrasi pada pangan. Jadikan Kabupaten Majalengka sebagai lumbung pangan nasional,” kata Yuddy saat melakukan kunjungan ke kantor Bupati Majalengka, Jumat (17/6).

Menurut Yuddy, produksi tanah pertanian di daerah ini sangat subur begitu juga dengan ternak sapinya, namun semua belum dioptimalkan.

“Kirim pejabat dari Pemkab Majalengka ke Kementerian Pertanian agar mendapat arahan mengenai kondisi ini, supaya dioptimalkan kondisi tanah di sini dan peternakannya, agar bisa menjadi lumbung makanan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Yuddy langsung menghubungi Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Dia menceritakan mengenai kondisi pertanian dan peternakan di Majalengka yang belum optimal dalam produksinya.

“Tidak hanya beras, sayur-sayuran dan buah-buahannya juga yang terbaik di sini, seluruh daerah di Jawa Barat mendapat pasokan pangannya dari Majalengka. Peternakan juga bisa sangat potensial,” kata Yuddy pada Amran Sulaiman.

Yuddy juga menceritakan tentang kunjungannya ke wilayah Banten dan sekitarnya kepada Mentan. Dikatakan, produksi beras di sana sangat baik sehingga harganya di bawah Rp 10 ribu.

“Saya keliling ke Banten dan Jabar, alhamdulillah produksi beras luar biasa. Karena dari petani langsung terdistribusikan ke daerah-daerah,” kata Yuddy.

Sementara itu, Mentan Amran Sulaiman meminta agar pejabat di Pemkab Majalengka segera menghadap Dirjen Hortikultura Kementan.

“Saya perintahkan agar pejabat di Majalengka bisa menghadap Dirjen Holkultura untuk mendapat arahan,” ujar Amran seperti dikutip Yuddy. (rmn)

Komentar telah ditutup.