Jelang Pilgub DKI, Ormas Keagamaan Cegah Perpecahan

indopos.co.id – Langkah pengurus Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) Jemaat Mahanaim dengan Masjid Al Muqqorobien, Tanjung Priok, Jakarta Utara, patut diapresiasi. Saat ancaman perpecahan antar umat menjadi momok, kedua pengurus saling menjalin silaturahmi dengan baik.

Sebelum adzan maghrib sebagai tanda berbuka puasa berkumandang, sejumlah pengurus GMIST Mahanaim mengunjungi masjid yang berdempetan dengan gedung gereja tersebut. Dipimpin Ketua Jemaat Pendeta Ny B Marasut Manuahe serta pengurus lainnya diterima sejumlah pengurus masjid, di antara Asep Koswara dan Aisah.

Sedangkan pengurus GMIST Mahanaim yang ikut hadir, di antaranya Pendeta Jelds Pangulu (Pendeta Jemaat), Merry Dauhan (Wakil Sekretaris), Bastiana K (Bendahara), Marthin Mohede (anggota BMPJ), dan Steven S Musa (Sekretaris BP3G).

Pada kesempatan itu, Pendeta Ny B Marasut Manuahe memberikan sejumlah tanda kasih kepada para pengurus masjid. Di kesempatan itu juga, mereka sempat menikmati berbagai macam takjil yang dipersembahkan pengurus gereja.

Baca Juga :

“Kerukunan di antara kami sudah berlangsung cukup lama, dan menjadi program kami terlibat di tengah masyarakat sekitar yang mayoritas umat muslim. Kami tetap komit menjaga kerukunan,” ujar Pendeta Ny B Marasut Manuahe, Sabtu (18/6) lalu.

Dia mengungkapkan, gerejanya selalu berupaya memiliki peran di tengah masyarakat. Sementara pengurus Masjid Al Muqqorobien Asep Koswara mengungkapkan, kebersamaan dengan GMIST Mahanaim sudah menjadi tradisi turun temurun dari para pendahulunya.

Baca Juga :

Muna Panen Raya di Lahan Cetak Sawah Baru

Dia mengungkapkan, jika pada Ibadah Natal, pengurus dan jemaah masjid juga terlibat dalam menjaga keamanan. “Kami berharap kerukunan ini terus terjaga tanpa terhenti,” tegas Asep.

Sementara itu, Steven S Musa yang juga anggota DPRD DKI Jakarta akan mengusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta agar bangunan gereja dan masjid tersebut dijadikan ikon kerukunan umat beragama di Jakarta. “Saya akan coba usulkan,” tutur anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta itu. (wok)


loading...

Komentar telah ditutup.