Tips Pilah-Pilih Kursi Tamu yang Tepat

indopos.co.id – Dalam penataan isi rumah, kursi tamu memiliki peranan terpenting. Selain ditata di bagian utama, kursi tamu juga kerap menjadi perhatian bagi tamu yang tengah bertandang ke rumah Anda. Kenyamanan menjadi salah satu faktor utama karena di tempat inilah Anda dan kerabat yang berkunjung akan berbincang-bincang.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk Memilih kursi tamu yang nyaman dan sesuai dengan hunian Anda?

Pertama, perhatikan lebih dulu tema dan dekorasi ruang tamu Anda.  Jika rumah memiliki tema vintage, maka sebaiknya menggunakan kursi tamu berbahan kayu dengan desain ukir-ukiran. Jika rumah menggunakan konsep modern minimalis, mungkin pilihan yang paling tepat adalah model kursi tamu sofa.

Penampilan ruang tamu Anda akan menjadi aneh jika kursi tamu tidak sesuai dengan konsep hunian. Misalnya saja, rumah berkonsep vintage yang menggunakan sofa minimalis dan modern. Kesan yang muncul adalah kurang menyatu dan bertabrakan.

Baca Juga :

Kapal MV TINA 1 Kandas di Perairan Batu Kepri

Kedua, sebaiknya memilih material yang berkualitas. Jika ingin menggunakan kursi berbahan dasar kayu, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis kayu dan kekuatannya. Kayu Jati merupakan jenis kayu terbaik yang memiliki serat kayu yang khas, kayu Jati juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang bagus serta anti rayap.

Perhatikan pula apakah kayu yang digunakan merupakan kayu utuh atau sambungan. Kursi tamu yang menggunakan kayu utuh biasanya lebih mahal dibanding dengan kursi tamu yang menggunakan kayu sambungan, hal ini karena tekstur kayu utuh lebih natural, alami, dan tanpa garis sambungan.

Baca Juga :

Jika ingin menggunakan kursi tamu sofa, sebaiknya perhatikan desain dan corak sofa serta material pelapis sofa yang digunakan. Tanyakan jenis sofa yang digunakan sebagai bahan dasar untuk mengetahui ketahanannya dan perhatikan kerapian jahitan agar sofa dapat bertahan dalam jangka waktu lama.

Ketiga, utamakan faktor kenyamanan. Selain memperhatikan kesesuaian model kursi tamu dengan desain interior rumah dan kualitas material, hal yang tidak boleh dikesampingkan adalah faktor kenyamanan. Kenyamanan kursi tamu memang perlu diperhatikan karena kursi tamu terkadang tidak hanya berfungsi untuk menerima tamu saja, melainkan untuk tempat membaca buku atau duduk-duduk santai di waktu luang.

Cara mudah mengetahui nyaman atau tidaknya suatu kursi adalah dengan mendudukinya selama 10 hingga 15 menit. Jika dalam jangka waktu tersebut kamu tidak merasakan perubahan apa pun dan tidak ingin berpindah tempat, berarti kursi tamu tersebut memiliki tingkat kenyamanan baik.

Keempat, memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan. Memilih kursi tamu sebaiknya tidak hanya mengikuti tren tetapi juga memperhatikan kebutuhan. Jika ruang tamu tidak terlalu lebar, maka pilih model kursi tamu yang minimalis dan tidak terlalu besar. Dengan demikian, ruangan tidak terlalu sesak. Jika ruang tamu sekaligus digunakan sebagai ruang keluarga sebaiknya pilih kursi tamu yang berbahan dasar kuat agar kursi dapat bertahan lama meskipun diduduki dalam jangka waktu lama setiap harinya.

Kelima, pertimbangkan kualitas dan harga. Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih kursi tamu adalah kesesuaian antara kualitas dan harga barang. Harga yang mahal bukan selalu menjadi jaminan kualitas, saat ini banyak kursi tamu berkualitas yang ditawarkan dengan harga bersaing.

Keenam, pertimbangkan jasa pembuatan kursi tamu dengan custom design. Jika Anda belum dapat menemukan kursi tamu yang sesuai dan cocok dengan keinginan, ada baiknya mencoba menggunakan jasa pembuatan kursi tamu custom design. Yakni, memilih sendiri jenis bahan dan desain yang diinginkan. (*)

 

 

 

 

Komentar telah ditutup.