Alexa Metrics

Jakmania Nyalakan Flare, Arema Bisa Disanksi

Jakmania Nyalakan Flare, Arema Bisa Disanksi

Indopos.co.id- The Jakmania, sebutan suporter Persija Jakarta, kembali menyalakan flare saat pertandingan melawan Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Minggu (20/6). Panitia Pelaksana (Panpel) Arema Cronus tak mau disalahkan menyusul adanya flare di tribun Jakmania.

Sikap ini ditunjukkan diperkirakan karena kekhawatiran akan direspons PT Gelora Trisula Semesta (GTS) melalui Komisi Disiplin ISC sebagai sebuah pelanggaran. Arema pun berpeluang mendapat sanksi berupa denda lagi apabila Panpel dianggap tak mampu meniadakan penyalaan flare dalam pertandingan.

Ketua Panpel Arema Abdul Haris mengatakan, sebelumnya sudah berkoordinasi dengan Jakmania agar itu tak dilakukan. “Kami juga sudah menghimbau agar kelompok suporter tim tamu agar tidak membawa dan menyalakan flare, tapi jika hal itu tetap terjadi maka apakah itu salah kami?” dikutip dari akun resmi Arema, Senin (20/6).

Flare menyala menjelang waktu normal habis. Abdul Haris mewakili Arema menyesalkan penyalaan flare terjadi. Di sisi lain, ia mengapresiasi Aremania yang tak menyalakan benda yang dilarang di dalam stadion. “Kami mengapresiasi kepada Aremania yang tidak terpancing meski suporter tim tamu menyalakan flare,” papar dia.

Sebelumnya, Persija mendapat hukuman berupa denda. Itu akibat ulah suporter kala menjamu PS TNI di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada (10/6). Nilai denda untuk Persija jauh lebih besar dari sebelumnya.

Akibat penyalaan flare ketika menjamu Semen Padang, Persija didenda 10 juta, sementara akibat flare di laga melawan Persela Lamongan didenda 15 juta. Persija terbaru didenda sebesar 30 juta rupiah. Ini berpatokan dengan apa yang terjadi di lapangan.

Sesuai temuan, petasan menyala dari tribun timur SUGBK pada menit kesembilan, 16, dan 47. Sementara pada menit ke-32 ada penyalaan petasan dari tribun utara.  Adapun pada menit ke-38, laser terlihat dinyalakan. Sedangkan pada menit ke-50 terlihat penyalaan kembang api dari tribun selatan.

Belum lagi pada menit ke-64, di mana ada penyalaan kembang api dan flare di tribun utara dan timur, sedangkan pada menit ke-79 terdapat penyalaan flare dan kembang api di tribun utara, selatan, dan timur. (fdi)



Apa Pendapatmu?