Oplos Elpiji, Pasutri Ditangkap

indopos.co.id – Sepasang suami istri (Pasutri) berinisial MA,53, dan HD,42, diamankan aparat Polres Tangerang Selatan (Tangsel) lantaran diduga mengoplos tabung gas elpiji dari ukuran 3 Kg ke tabung ukuran 12 Kg di Jalan Griya Sutra, Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel.

Dari tangan tersangka petugas mengamankan barang bukti 5 buah tabung gas elpiji ukuran 12 Kg, 10 tabung gas elpiji ukuran 3 Kg, 1 buah alat suntik gas. Selain itu, 110 lembar kondom segel warna hijau bertuliskan OMG, 72 segel warna biru untuk tabung 12 Kg, 4 buah segel lengkap dengan kondom warna kuning untuk tabung ukuran 3 Kg dan 15 segel warna putih bekas tabung 3 Kg.

Baca Juga :

Pergeseran Tanah, Satu Rumah Nyaris Ambruk

Kasubag Humas Polres Tangsel AKP Mansuri mengatakan, pasutri ini diduga mengoplos isi gas dengan menggunakan alat suntik gas diameter 1 centimeter dan panjang 4,5 cm. Sebab dari hasil pengecekan dengan timbangan berat isi tabung gas 12 Kg tidak sesuai ukuran yang ditetapkan oleh Pertamina. ”Aksi pengoplosan tabung gas ini sudah dilakukan selama 1 tahun.

Hasilnya, ada oplosan gas 12 Kg dijual dengan harga Rp 135.000 per tabungnya. Atas perbuatan mereka, para pelaku tercancam dijerat Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) huruf a, b, c, Pasal 9 ayat (1) huruf d, dan Pasal huruf a UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, serta Pasal 32 ayat (2) jo Pasal 30 dan Pasal 31 UU RI Tahun 1998 tentang Metrologi Legal, dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun. (yer)

Baca Juga :

Komentar telah ditutup.