Alexa Metrics

Mencari Pelabuhan Baru Dirk Nowitzki

Mencari Pelabuhan Baru Dirk Nowitzki

DALLAS, indopos.co.id – Legenda Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki, memasuki bursa transfer offseason 1 Juli mendatang dengan status unrestricted free agent. Setelah 18 tahun berkarier di NBA hanya membela Mavericks, pemain 38 tahun itu siap mencari pelabuhan baru di penghujung karier.

Sedikitnya lima tim sudah meyatakan siap menampung Nowitzki. Finalis musim ini Golden State Warriors termasuk di dalamnya. Selain itu, ada juga New York Knicks, San Antonio Spurs, Toronto Raptors, dan Boston Celtics yang dikabarkan juga getol mendapatkan tanda tangan power forward asal Jerman itu.

Mavericks sendiri memberi kebebasan. Bertahan atau hengkang semua keputusan diberikan kepada Nowitzki sepenuhnya. “Dirk (Nowitzki) bisa melakukan apa saja yang dia inginkan,” ucap Mark Cuban, owner Mavericks dilansir ESPN.

“Sudah aku katakan sebelumnya, bahkan jika dia ingin menjadi head coach, kami akan menggeser Rick (Carlisle). Dirk sudah memberi terlalu banyak untuk franchise ini. Dia layak mendapatkan kesempatan itu,” tambah pengusaha 57 tahun tersebut.

Bergabung dengan Mavericks sejak 1998, 13 kali NBA All-star itu memang sudah memberi segalanya untuk tim yang bermarkas di American Airlines Center tersebut. Pada 2011, Mavericks dia bawa mengangkat trofi Larry O’Brien. Sampai saat ini, itu menjadi gelar juara satu-satunya Mavericks sejak berdiri pada 1980.

Capaian individunya juga sudah lengkap. Pada 2007, Nowitzki terpilih sebagai MVP NBA. Saat tampil di final melawan Miami Heat pada 2011, Nowitzki pun juga terpilih sebagai MVP Final.

Kolumnis CBS Sports, Matt Moore memprediksi, Warriors menjadi tim yang paling berpotensi mencaplok Nowitzki. Jika memilih merapat di tim asuhan Steve Kerr, Moore mengatakan Nowitzki bakal menjadi rekan handal Stephen Curry dalam melakukan pick and roll maupun pick and pop.

Di usia 38 tahun, akurasi tembakan Nowitzki masih yahud. Dia membukukan persentase tembakan tiga angka 36% dan field goal 44% musim ini. Meskipun, Mavericks musim ini harus terhenti di babak pertama playoff atas Oklahoma City Thunder.

“Warriors adalah landasan yang paling popular dan nyaman untuk Nowitzki,” ucap Moore. Terlebih, Nowitzki dikabarkan juga bernafsu menambah satu gelar juara sebelum pensiun dari NBA.

Pengamat NBA, Eddie Sefko punya prediksi berbeda. menurutnya, peluang paling besar untuk Nowitzki adalah tetap bertahan di Mavericks. Dari pada memburu gelar NBA, Sefko mengatakan lebih baik Nowitzki mengejar menjadi pemain kedua NBA yang berkarier di satu tim selama 20 musim. Seperti halnya Kobe Bryant yang pensiun di akhir musim ini. Itu akan membuat namanya lebih dikenang oleh fans Mavericks.

Pengamat lain, Tim Cowlishaw punya pandangan berbeda. Menurutnya, Spurs bisa menjadi alternatif terbaik untuk Nowitzki jika hijrah. Apalagi, setelah gagal juara musim ini, Spurs sedang memburu amunisi-amunisi baru. Nowitzki bisa menjadi pilihan tepat untuk menajamkan akurasi tembakan anak asuh Gregg Popovich. (irr)



Apa Pendapatmu?