Alexa Metrics

Jelang lebaran, Harga Gula Terus Meroket

Jelang lebaran, Harga Gula Terus Meroket

indopos.co.id – Jelang lebaran Idulfitri 1437 hijriah, harga gula pasir di Kota Ternate terus mengalami kenaikan. Sebelumnya harga gula sudah naik menjadi Rp 16 ribu, kini naik lagi menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Menurut Azis, pedagang bahan pokok (bapok) di Pasar Percontohan, harga gula ukuran 50 kilogram di agen saat ini mencapai Rp 810 ribu.

“Kalau dihitung per kilogram mencapai Rp 16.500,” katanya saat ditemui Malut Post kemarin (27/6). Sebelum puasa harganya Rp 720 ribu, kemudian naik menjadi Rp 740 ribu per kilogram atau Rp 14.500 per kilogram. “Karena agen menaikan harga maka kami lakukan penyesuaian,” ujarnya. Sebelumnya Kepala Operasional PT Semarak (agen bapok), memperkirakan harga gula akan naik jelang Idulfitri, dan itu terbukti.

Kenaikan harga di agen tak sampai 10 persen, namun di pengecer melebihi 10 persen. Untuk harga beras masih stabil. Beras Bola Mas Rp 13 ribu per kilogram, Putri Solo Rp 12 ribu per kilogram, Bibir Merah Rp 12 ribu per kilogram. harga tepung terigu juga masih normal Rp 9.000 per kilogram.

Sementara itu upaya Pemkot Ternate dan Bank Indonesia Malut untuk mengendalikan harga dengan menempatkan monitor LCD yang menampilkan daftar harga bapok, gagal. Pantauan Malut Post, LCD sudah terpasang, namun tak berfungsi. Kabarnya pemkot harus menambahkan alat untuk menghidupkan monitor tersebut. Sedangkan Disperindag Kota Ternate, tak bisa mengendalikan harga bapok di tingkat pengecer. Instansi ini hanya bisa mengatur harga di tingkat pemasok/agen. (tr-03/onk/jpg)



Apa Pendapatmu?