Alexa Metrics

Kerjasama Menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Kerjasama Menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca

indopos.co.id – Sejak tahun 2015, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH telah mendapat mandat sebagai koordinator Governor’s Climate and Forest (GCF) Task Force Indonesia. GCF adalah kolaborasi sub-nasional global yang melibatkan pemerintah propinsi dari 29 negara, yang bertujuan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan deforestasi.

Dalam rangka mendukung tujuan GCF Task Force Indonesia, Cornelis menyelenggarakan pertemuan publik GCF di kantor Gubernur Kalimantan Barat, kemarin. Acara ini dihadiri para Gubernur anggota GCF di Indonesia, dan juga para pemangku kepentingan terkait di Kalimantan Barat. Dalam kesempatan ini, Gubernur Kalimantan Barat menandatangani nota kesepahaman dengan Asia Pulp & Paper Group (APP) dan Yayasan Belantara sebagai partner yang diharapkan untuk semakin memperkuat komitmen dalam pengembangan lansekap berkelanjutan untuk mewujudkan visi pertumbuhan hijau di Kalimantan Barat.

Nota kesepahaman ini terutama terfokus pada usaha pencegahan kebakaran hutan, perlindungan hutan dan ekosistem gambut, serta upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dalam usaha untuk mengurangi ketergantungan masyarakat akan lahan hutan. Beberapa program yang telah dimulai APP di propinsi Kalimantan Barat antara lain kerjasama dengan Yayasan Belantara dan IDH Sustainable Trade Initiatives dan melibatkan tiga perusahaan Hutan Tanaman Industri dalam pengelolaan lansekap berkelanjutan pada hutan produksi di lansekap Kubu-Ketapang.

Selain itu, dalam upaya mencegah kebakaran hutan, terutama di area lahan gambut, APP dan para pemasoknya telah membangun lebih dari 5.000 bendungan di kanal perimeter di sekeliling area hutan tanaman produksi di Indonesia, dimana 500 bendungan diantaranya dibangun di Kalimantan Barat. (sic)



Apa Pendapatmu?