Ada Diskon 20 Persen Buat Pemudik Khusus Pengguna e-Toll

indopos.co.id – Asosiasi Tol Indonesia (ATI) secara resmi mengumumkan pemberian diskon 20 persen untuk tarif tol diseluruh Indonesia pada H-3 hingga H+3 bagi pemudik bagi pengguna e-toll. “Kebijakan ini diputuskan kemarin (28/6) dan berlaku secara nasional, selain untuk memberi nilai tambah, juga agar pengguna e-toll bertambah,” kata Ketua Umum ATI, Fathur Rahman, Kamis (30/6).

Hadir dalam kesempatan itu, Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman, Direktur Operasi Christiantio Prihambodo dan Wakil Direktur PT Lintas Marga Sedaya Hudaya Arryanto. Menurut Fathur, kebijakan ini didukung oleh pemerintah dan pihak terkait lainnya. “Tarif berlaku mulai pukul 06.00 WIB pada H-3 atau 3 Juli dan berakhir pada H+3 atau pada 10 Juli pukul 06.00 WIB,” katanya.

Sementara, Dirut Jasa Marga Adityawarman menegaskan, bahwa diskon tarif ini murni inisiatif dari Badan Usaha Jalan Tol dan diprakarsai dalam wadah ATI. Pada angkutan lebaran 2016 ini, pihaknya memprediksi akan ada kenaikan lalu lintas di jalan tol pada H-7 hingga H-1 sebesar 7,29 persen dari 2,2 juta menjadi 2,4 juta kendaraan. Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada hari ini (H-5) dan arus Balik akan terjadi pada hari Minggu, 10 Juli 2016 (H+3).

“Kebijakan ini diputuskan kemarin (28/6) dan berlaku secara nasional, selain untuk memberi nilai tambah, juga agar pengguna e-toll bertambah,” kata Fathur. Dia memberikan contoh untuk tarif tol Jakarta-Palimanan golongan 1 dari Rp109.500, setekah dipotong 20 persen menjadi Rp87.500. “Kami berharap ada peningkatan pemakai e-toll dari rata-rata 20-25 persen pada setiap ruas menjadi 40 persen,” katanya

Baca Juga :

.Dikatakannya, selain lebih cepat dan menambah kelancaran di gerbang tol. Meski begitu, Adityawarman juga mengakui, potensi kerawanan macet masih akan terjadi di jalan tol pada sejumlah titik, misalnya simpang susun Cikunir. “Saat padat akan ada sejumlah rekayasa, misalnya jemput bola, contra flow dan upaya lain seperti kalau di Cikunir, pengguna dari Jakarta akan diminta keluar dari Gerbang Tol Kalimalang 2 dan diminta masuk lagi ke tol,” katanya.

Mengapa diskon 20 persen, kata Fathur, angka itu dinilai cukup. “Selain lebih cepat dan menambah kelancaran di gerbang tol,” katanya. Pada angkutan lebaran 2016 ini, pihaknya memprediksi akan ada kenaikan lalu lintas di jalan tol pada H-7 hingga H-1 sebesar 7,29 persen dari 2,2 juta menjadi 2,4 juta kendaraan,”ujarnya. (dny/vit)

Komentar telah ditutup.