Alexa Metrics

Jelang Lebaran, Napi Narkoba Dapat Remisi

Jelang Lebaran, Napi Narkoba Dapat Remisi

indopos.co.id — Fantastis. Para warga binaan kasus Narkoba tak luput dari berkah remisi di Idul Fitri tahun ini. Jumlahnya juga cukup besar. 20 napi, dari 372 yang menerima remisi. Langkah ini dinilai tak sejalan dengan komitmen Presiden RI Joko Widodo memberantas penyalahgunaan Narkoba.

Seperti yang disampaikan pengamat hukum Sulut Frans Tangkudung. “Harusnya komitmen pemberantasan korupsi dan penyalahgunaan narkoba ditunjukkan,” ucapnya. Selain napi kasus Narkoba, yang terlibat korupsi juga merasakan berkah yang sama. Dari data, dua orang warga binaan itu masing-masing berasal dari LP Tondano dan di Rutan Kotamobagu.

Kakanwil KemenkumHAM Sulut Dr Sudirman Hury mengungkapkan, remisi diberikan kepada para warga binaan beragama Islam. Dijelaskan, remisi merupakan hak warga binaan yang memenuhi syarat. “Ini diatur undang-undang. Saya sebagai Kakanwil mewakili MenkumHAM diberi kewenangan untuk memberikan remisi,” jelas Hury di ruang kerjanya.

Diungkapkan, proses hingga seorang warga binaan layak diberikan remisi dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya, selama dalam pembinaan warga binaan bersikap baik.

Pemberian remisi secara resmi akan dilaksanakan di masing-masing Unit Pelayanan Terpadu (UPT). Remisi diberikan terhadap warga binaan dengan sejumlah latar belakang kasus berbeda. Selain Narkoba dan korupsi, kasus dengan tingkat kejahatan tinggi, ada dua napi dari latar belakang kejahatan konvensional terima remisi.

Hury membeber, dalam pemberian remisi kali ini, tidak ada remisi langsung bebas. Berbeda dengan remisi-remisi sebelumnya. “Ada beberapa pertimbangan. Yang pasti kami mengharapkan, remisi akan menjadi motivasi bagi para warga binaan untuk semakin memperbaiki diri,” ucap Pria minang tersebut.

Diketahui, aturan tentang pemberian remisi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Pemberian Remisi. Dalam pemberian remisi kali ini, remisi terbanyak diberikan kepada para warga binaan di Rutan Kotamobagu. Yakni sebanyak 120 orang yang menerima remisi. Diikuti Lapas Manado 117 dan Lapas Bitung 51 orang.(ctr-02/gel)



Apa Pendapatmu?