Harga Payet Rp 1,7 Triliun

Indopos.co.id– UEFA sudah menentukan sebelas nama pemain paling bersinar sepanjang Euro 2016 lalu. Di antara barisan nama UEFA Euro 2016 Team of the Tournament, dua nama paling diburu.  Pertama Dimitri Payet. Pemain asal West Ham United tersebut diminati Chelsea, Real Madrid, dan Barcelona. Setelah performa cemerlang di Euro, Payet membikin tiga gol plus dua assist, maka Payet menjadi salah satu komoditas tranfer paling diminati musim panas tahun ini.  Buat memagari pemain andalannya tersebut co-chairman West Ham David Sullivan memasang harga yang sangat tinggi buat Payet. Yakni GBP 100 juta (Rp 1,7 Triliun).   “Payet tak akan kemana-mana. Hanya karena klub-klub raksasa menginginkannya, maka dia berharga sangat tinggi buat klub. Meski di usianya saat ini,” tutur Sullivan seperti diberitakan Sky Sport kemarin.

Banderol yang selangit tersebut, lebih mahal dari Cristiano Ronaldo maupun Gareth Bale, dimaksudkan klub buat memproteksi Payet. Musim 2016-2017 mendatang, West Ham bermain di domestik dan Europa League. Payet yang masih punya kontrak hingga Juni 2021 mendatang memang dipertahankan mati-matian oleh The Hammers, julukan West Ham demi bisa bersaing di Eropa.  Co-chairman West Ham David Gold pun dalam wawancara dengan BBC mengatakan kalau Payet sudah memboyong keluarganya ke London. Artinya Payet sudah kerasan tinggal di ibukota Inggris itu.   “Klub-klub raksasa pasti ngiler setelah melihat apa yang diperlihatkan oleh Payet. Dia tak akan dijual dengan harga di bawah GBP 50 juta (Rp 862 Miliar),” ujar Gold.

Baca Juga :

Kalau dibandingkan dengan harga beli Payet musim panas 2015 lalu dari Marseille, harganya naik hampir empat kali lipat. Diboyong dari Marseille, banderol Payet GBP 12,75 juta (Rp 219,7 Miliar). Nama lain yang juga diincar adalah Joe Allen. Pemain Liverpool itu kabarnya dilirik Sevilla, Swansea, dan Southampton dengan harga transfer GBP 11 juta (Rp 189,6 Miliar).  Harga Allen jika dibandingkan ketika didatangkan ke Liverpool 2012 lalu mengalami penurunan. Saat itu, Allen diboyong dari Swansea oleh Brendan Rodgers dengan tarif GBP 15 juta (Rp 258,7 Miliar).

Allen kontraknya di Liverpool seperti diberitakan Mirror tak akan diperpanjang dan akan habis musim panas 2017 mendatang. Apalagi musim lalu bersama pelatih Liverpool, Juergen Klopp, Allen lebih banyak bermain sebagai cadangan.  Di sisi lain, di luar sebelas nama pemain yang mmasuk dalam tim terbaik UEFA nama gelandang Newcastle Moussa Sissoko juga meroket. Newcaste yang degradasi musim 2015-2016 dianggap kurang layak jadi rumah Sissoko.  Seperti diberitakan L’Equipe Sissoko menginginkan kepastian apakah dirinya akan dilego Newcastle. Kabarnya jika dijual, Sissoko meminta dijual seharga GBP 35 juta (Rp 603,5 Miliar).

Baca Juga :

Di sisi lain, seperti diberitakan UEFA kemarin (12/7) nama-nama yang terlibat dalam seleksi sebelas nama tersebut adalah  Sir Alex Ferguson, Alain Giresse, David Moyes, Packie Bonner, Mixu Paatelainen, Savo Miloševi?, Peter Rudbæk, Gareth Southgate, Thomas Schaaf, Jean-François Domergue, Ginés Meléndez dan Jean-Paul Brigger. Dalam situs UEFA tertulis formasi 4-2-3-1 menjadi skema yang paling banyak dipakai oleh para peserta Euro ini. Juga efektifitas pemakaian formasi ini oleh masing-masing peserta.  UEFA coaching ambassador Sir Alex Ferguson berkata setelah pertimbangan yang mendalam akhirnya diputuskan jika pemain terbaik diambil dari tim yang mengantarkan timnya menuju hasil maksimal.

Tak heran jika dari UEFA Euro 2016 Team of the Tournament nama-namanya berasal dari tim-tim semifinalis. Artinya meski pemain seperti Eden Hazard (Belgia), Emanuelle Giacherini (Italia), juga Alvaro Morata (Spanyol) secara individu bersinar, namun ketika timnya flop, UEFA meminggirkan nama-nama mereka.   “Kami sudah memilih jika tim terbaik Euro kali ini terdiri dua bek kokoh di jantung pertahahan, full-backs yang sama bagusnya bertahan dan menyerang. Deep-lying midfielders yang bisa mengontrol pertandingan dan tampil dinamis juga penyerang yang fleksibel dan kreatif,” kata Sir Alex.

Mantan pelatih Manchester United itu pun menambahkan nama-nama UEFA Euro 2016 Team of the Tournament yang dipilih ini punya kemampuan berkreasi dan mencetak gol.   “Kami percaya kalau starting XI yang terpilih adalah yang terbaik dalam kompetisi ini,” tambah Sir Alex. (dra)


loading...

Komentar telah ditutup.