Alexa Metrics

Tersangka Vaksin Palsu Kembali Bertambah

Tersangka Vaksin Palsu Kembali Bertambah

indopos.co.id – Sebanyak 20 tersangka telah ditetapkan dalam kasus vaksin palsu hingga saat ini. Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Bareskrim Polri Inspektur Jenderal Polisi Ari Dono Sukamto.

Keputusan itu didasari tiga laporan polisi yang diterima di seluruh Indonesia. “Dari tiga laporan, kami kembangkan kemudian sampai saat ini telah tetapkan 20 tersangka. 16 tersangka penahanan yang empat lagi tidak dilakukan penahanan alasan tertentu misalnya ibu yang mempunyai anak kecil,” kata Ari di Komisi IX DPR, Kamis (14/7/2016).

Dia mengataka, duapuluh tersangka itu memiliki peran masing-masing. Enam tersangka dikenakan pasal 97 UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan sebagai produsen, ada lima tersangka sebagai distributor dikenakan pasal 197.

Di antara mereka ada yang berperan sebagai penjual tiga tersangka, pengumpul bekas botol vaksin dua tersangka, pencetak label dan bungkus satu tersangka, dan ada juga yang berprofesi sebagai dokter.

“Tersangka sebagian besar pernah setidaknya di bidang farmasi, perawat, bidan dan terdapat sejumlah tersangka memiliki apotek,” tandas Ari.(fat)



Apa Pendapatmu?