Objek Wisata Pemuteran Bali Diapresiasi Dunia

indopos.co.id – Satu per-satu destinasi wisata Indonesia mendapatkan pengakuan terbaik dari dunia internasional. Setelah Bali, Labuan Bajo, Raja Ampat, Nihiwatu Sumba, dan Pulau Nikoi Bintan diakui sebagai snorkeling site, resort dan private island terbaik dunia, kini giliran Pemuteran, Bali.

Kawasan yang terkenal dengan terumbu karang hasil teknologi Biorock itu makin mendunia dan Lonely Planet menempatkan di posisi tujuh besar untuk kategori Top 10 Lonely Planet Terbaik Asia 2016. “Saya merasa bangga, akan prestasi yang ditorehkan Pemuteran Bali itu. Akhirnya, masuk dan dapat award dari UN WTO 2015, yang melibatkan publik untuk konservasi bawah laut yang sukses,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, kemarin.

Sebelum Pemuteran Bali mendapatkan prestasi tersebut, setahun sebelumnya Arief mempresentasikan konservasi yang dilakukan masyarakat di Pemuteran Bali, kepada para petinggi UNWTO-United Nation World Tourism Organization di markasnya, Madrid, Spanyol. Penghargaan itu diberikan karena kawasan itu konsisten menumbuhbiakkan terumbu karang dengan mengalirkan listrik bertegangan rendah bawah laut.

Sehingga membuat pertumbuhan coral lebih cepat dan lebih subur. Pola ini juga sudah mulai dikembangkan di Gili Trawangan Lombok, dan hasilnya juga sukses. Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali, Anak Agung Gede Yuniartha, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi dan pengakuan dunia atas Pemuteran lewat UNWTO. “Ini benar-benar sangat membanggakan,” terangnya.

Kebanggaan Yuniartha rasanya tidak berlebihan. Mengingat, pamor Lonely Planet di dunia pariwisata dunia sangat tinggi. Yaitu, penerbit panduan perjalanan dan media digital terbesar di dunia. Menurut pakar perjalanan internasional Lonely Planet, Chris Zeiher, penghargaan ini diberikan berdasarkan rekomendasi ratusan ide yang disampaikan tim yang terdiri atas penulis, blogger, twitter, termasuk wisatawan. (nel)


loading...

Komentar telah ditutup.