Alexa Metrics

Micky Pemain Termahal Manchester United

Micky Pemain Termahal Manchester United

indopos.co.id – BERHARGA mahal itu sama dengan kutukan di Manchester United. Sebab, kerap kali pemain-pemain yang diboyong dengan banderol mahal malah bermain tidak sesuai dengan ekspektasi. Memphis Depay dan Angel Di Maria bisa menjadi contohnya. Pertanyaannya, apakah Henrikh Mkhitaryan akan menjadi pengekor Depay dan Di Maria? Sama dengan Depay dan Di Maria, Micky – sapaan akrabnya – juga didatangkan United dengan banderol mahal.

Diboyong dari Borussia Dortmund, klub berjuluk Setan Merah tersebut harus menebus Micky dengan transfer fee sebesar GBP 35,7 juta (Rp 623,6 miliar). Sementara Micky pemain termahal United dalam dua pekan pertama bulan Juli ini.

Anggaran untuk memboyong Micky bisa mencapai 52 persen dari to tal anggaran belanja United di musim panas ini. Bersama dengan transfer Eric Bailly, United sudah merogoh koceknya sampai GBP 68 juta (Rp 1,18 triliun). ’’Saya akan coba menjawab ekspektasi itu,’’ koar Micky, dalam wawancaranya di situs resmi klub. Sebagai pemain versatile, Micky mampu bermain di sisi mana pun di lini tengah United.

Bisa di posisi sayap kiri, sayap kanan, dan gelandang jangkar. Beberapa kali Thomas Tuchel selaku der trainer Dortmund pun mencobanya sebagai penyerang, hasilnya? Tiga gol dan enam assist diciptakannya. Nah, karakter pemain seperti itu yang dibutuhkan United. Dalam analisisnya di Daily Mail, pundit Jack Gaughan menilai kecepatan dribbling Micky dan kebiasaan cut inside-nya akan memberikan keuntungan bagi United begitu memainkan sepak bola yang berbasis counter attack.

Cocok dengan kebiasaan permainan pragmatis Mourinho yang menekankan di defense kokoh dan serangan balik cepat. Bukan hanya bisa memerankan tugas penting dalam menyerang. Pun demikian begitu diminta membantu pertahanan. Statistik 1,2 tekel sukses per laga yang dicatatkannya musim lalu di Dortmund tidak disamai satu pun penggawa United.

Bek tengah Chris Smal- l i n g saja hanya mam- p u melaku kan 1,1 tekel suk ses per laga nya. Namun, di balik nilai plus yang siap dihadirkan Micky bagi musim pertama Jose Mourinho kali ini, Ilkay Guendogan mengingatkan adanya hal yang jadi hambatan rekan satu timnya saat memperkuat Dortmund itu. Guendogan yang musim ini juga hengkang ke Premier League bersama Manchester City itu menyebut Micky bakal flop di musim pertamanya.

Terlepas dari rivalitas antara City dan United, Micky memberikan penilaiannya setelah selama tiga musim terakhir bermain bersama-sama. Guendogan dan Mkhitaryan bermain bersama dari musim 2013-2014 sampai 2015-2016. ’’Dia bukan tipikal pemain yang mampu dengan cepat beradaptasi saat bermain di klub baru, apalagi kompetisi baru,’’ ungkap gelandang berusia 25 tahun itu, seperti diku tip dari Independent.

’’Dia bermain di Dortmund selama tiga musim. Dua musim pertama tidak mudah baginya, jujur saja. Micky pemain yang membutuhkan kepercayaan diri di setiap waktu, dan harus memompa dirinya untuk lebih dan lebih baik lagi. Saya rasa, dia tidak akan mudah beradaptasi dengan hari-hari pertama di United,’’ bebernya. Bukan hanya dari sisi kepercayaan dirinya.

Micky juga p u n y a track record yang kurang bagus dari sisi kebugaran tubuhnya. Berdasarkan dari data Transfermarkt, da lam tiga musimnya di Dor tmund, tidak kurang dari lima cedera pernah dideritanya. Yang paling parah terjadi pada musim 2014-2015. Di tahun itu, cedera retak tulang tarsal dan cedera otot paha menghalangi performanya. Bahkan, Micky harus absen sampai sebulan lamanya karena cedera tersebut. Pemain yang pada musim lalu menjadi Pemain Terbaik Bundesliga itu hanya bisa memberi kontribusi penuh apabila pada musim depan United mampu menjaga kebugarann y a .

Dengan kata lain, tid a k ada cedera yang dialami pemain kelahiran Yerevan, Ar menia, 27 ta hun silam itu. ’’Contohnya saja musim lalu, dia begitu penting bagi Dortmund. Apabila kondisinya bisa seperti musim lalu, maka saya meyakini dia akan memberikan dampak yang besar bagi Manchester United, bahkan dampak yang sangat besar. Kalau sudah seperti itu, berat rasanya bagi Manchester City untuk mengalahkannya. Saya harap dia tetap fit, karena saya tidak sabar bersaing  dengannya,’’ tambahnya. (ren)



Apa Pendapatmu?