Alexa Metrics

Bahas Penyesuian Jadwal, PT GTS Undang Klub Peserta ISC

Bahas Penyesuian Jadwal, PT GTS Undang Klub Peserta ISC

Indopos.co.id– Kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) memang tidak berada di bawa kendali PSSI. Meski begitu, PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator kompetisi sudah siap memberikan suport maksimal kepada otoritas tertinggi sepak bola itu saat  mengikuti sejumlah event internasional dalam waktu dekat nanti.

Salah satu bentuk dukungan tersebut, adalah dengan melakukan penyesuian jadwal kompetisi dengan agenda tim nasional. Sebagai catatan, ada dua afgneda internasional yang akan diikuti oleh Timnas. Yaitu, Piala AFF U-19 di Vietnam pada September nanti dan Piala AFF untuk Timnas senior di Myanmar dan Filipina November mendatang.

Direktur PT GTS Joko Driyono mengatakan, agenda penyesuaian jadwal kompetisi dengan agenda Timnas tersebut akan mereka tentukan setelah melakukan pertemuan dengan tim peserta kompetisi di Jakarta pada 22 Juli  nanti. “Kami sedang menimbang konsep mana yang ideal untuk mendukung persiapan Timnas tanpa mengganggu jalannya kompetisi,” kata Joko.

Pria asal Ngawi-Jawa Timur ini lantas mengungkapkan, dua konsep yang sedang mereka pertimbangkan tersebut masing-masing memiliki nilai plus dan minus baik untuk Timnas maupun untuk jalannya kompetisi. Misalnya, konsep kompetisi tetap berjalan meski training center Timnas sudah berlangsung, maka para klub tidak rela melepaskan banyak pemain mereka ke Timnas.

“Artinya, jumlah pemain yang direkomendasikan oleh klub ke timnas hanya terbatas. Karena mereka juga tidak mau melempem saat mengikuti kompetisi lantaran semua pemain terbaik mereka bergabung di Timnas,” jelasnya. “Begitu juga sebaliknya, kompetisi akan mengalami penundaan lama kalau saat masih training center tapi pertandingan sudah diliburkan,” lanjutnya.

Sementara itu, tim nasional Indonesia di bawah besutan Alferd Riedl belum juga terbentuk. Meski begitu, PSSI sudah mencari lawan uji coba bagi tim dengan julukan Skuad Garuda itu. Oleh federasi sepak bola tertinggi tanah air itu, Malaysia dipilih sebagai lawan tanding. Rencananya, laga tersebut akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur , 6 September mendatang.

”Malaysia adalah salah satu negara yang sudah mengkonfrimasi untuk menjalani pertandingan uji coba melawan Indonesia,” kata Azwan Karim, Sekjen PSSI. Azwan berharap, Riedl bisa mengukur sejauh mana kualitas dari materi pemain yang dia miliki serta persiapan mereka jelang tampil di turnamen dua tahunan itu. (ben/jpg)



Apa Pendapatmu?