Alexa Metrics

Untuk Ini, Hamilton Pilih Dipenalti

Untuk Ini, Hamilton Pilih Dipenalti

Indopos.co.id- Lewis Hamilton memberi masukan kepada Mercedes bahwa dirinya rela mendapat dua kali penalti dalam satu balapan agar timnya bisa membangun mesin sempurna untuk bisa melaju hingga akhir musim. Hamilton sudah menghabiskan jatah lima unit turbocharger dan MGU-H saat timSilver Arrow memberinya power unit baru di GP Austria.

Pembalap yang terkena multiple penalties akan didrop ke grid paling belakang saat start dalam balapan berikutnya. Aturan itu berlaku sejak pertengahan 2015. Jadi Mercedes bisa memberikan dua power unit baru pada saat bersamaan untuk digunakan sampai akhir musim dengan mengambil risiko tersebut.

Dampaknya dengan memberikan dua mesin dalam satu seri adalah Hamilton tidak bisa mendapatkan updgrade yang kemungkinan akan diberikan pada seri-seri tertentu. Karena mesin itu sudah tidak bisa dibongkar lagi. Sebaliknya upgrade bisa didapat rival sekaligus rekan setimnya Nico Rosberg.

Kepastian terkait pemberian dua mesin baru tersebut diprediksi tidak akan dipastikan dalam waktu dekat. Kemungkinan baru diputuskan setelah jeda musim panas. ”Itu adalah sebuah solusi untuk situasiku saat ini,” ucapnya dilansir Autosport. ”Aku pasti akan membutuhkan satu mesin baru. Tinggal menunggu waktunya saja,” tandas pembalap Stevenage itu.

Hamilton mengatakan, keputusan itu bisa diambil saat balapan digelar di trek dimana overtaking bisa lebih mudah dilakukan. ”Tentu saja keputusannya ada padaku. Karena hanya aku yang tahu dimana aku bisa tampil maksimal karena membalap dari posisi buncit,” teranganya. Ditanya tentang kemungkinan di Monza atau Spa-Francorchamps Hamilton tak lalu mengiyakan. ”Keduanya tidak masuk dalam bayanganku. Tapi boleh juga,” terangnya.

Saat ini jarak Hamilton dengan Rosberg hanya terpisah satu poin di klasemen pembalap. Balapan berikutnya di Hungaria ada peluang untuk merebut posisi puncak. Jika itu terjadi, penalti didrop ke posisi buncit saat start di satu balapan tidak akan terlalu berat bagi Hamilton.  (cak)



Apa Pendapatmu?