Alexa Metrics

Pokemon Go Berpengaruh untuk Autisme

Pokemon Go Berpengaruh untuk Autisme

AUSTRALIA, indopos.co.id – Pakar autisme Australia Craig Smith yang menjabat sebagai Deputy Principle di Aspect Hunter School for Children with Autism, Newcastle, New South Wales, mengungkapkan bahwa game Pokemon Go bepengaruh pada penyandang Autisme.

Alhasil, Pihak sekolah harus merangkul tren bermain Pokemon Go dan menemukan cara untuk mengubahnya menjadi alat belajar.

Ia menginformasikan, rangsangan visual dalam aplikasi dan game komputer sangat berpengaruh pada penyandang autis. Arsitektur otak dari seseorang dengan autisme cenderung mudah diarahkan secara visual, mengingat sekira 90 persen murid autis belajar melalui apa yang mereka lihat.

Setelah melihat manfaat tersebut, Smith membuat panduan untuk orang tua untuk membiarkan anak memainkan gamean itu selama liburan sekolah. Kegiatan yang disarankan dalam panduan Smith membuat anak mengikuti peta dalam permainan dan diminta menyimpan foto Pokemon yang mereka tangkap untuk nanti diceritakan di kelas.

Smith mengatakan, hal itu dapat membantu mengembangkan keterampilan presentasi imajinatif dan bahkan meningkatkan keterampilan matematika. Para orang tua balik melapor kepada Smith bahwa anak yang tadinya sulit memulai interaksi sosial kini termotivasi bermain di luar rumah dan percaya diri berbincang dengan kawan.

Ia mengatakan, aspek visual dari permainan itu tak hanya bermanfaat untuk pembelajaran anak autis. Smith menyarankan hasil positif yang terlihat bisa menjadi pertimbangan sekolah umum untuk menggabungkan permainan tersebut dalam kegiatan belajar sehari-hari.

“Saya berusaha membangun pengalaman belajar untuk anak-anak autis, tetapi ini juga efektif bagi anak-anak lain,” kata Smith seperti dilansir dari The Independent.(Sikah/Pojoksatu)



Apa Pendapatmu?