Komunitas Diving Yakin Mampu Genjot Pariwisata

JAKARTA, indopos.co.id – Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam menggapai kunjungan wisatawan mancanegara ke dalam negeri. ”Beberapa destinasi yang menjadi background wonderfull Indonesia seperti Bali, Lombok, Labuan Bajo, Flores, dan Pulau Komodo. Tadi saya tanyakan ke pihak galeri, Lafayette di Indonesia selain di Jakarta dimana lagi, jawab mereka cuma ada di Jakarta, lalu ada lagi di Hongkong, artinya promosi kita masuk dalam level high-end,’’ ujar I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar di Pacific Place, kemarin.

Menurut Pitana, bentuk kerjasama yang dilakukan dengan pihak Galerie Lafayette adalah untuk memperkuat branding Indonesia dimata dunia. Selain itu, lewat kerjasama tersebut lewat display yang terpampang di galer menginformasikan kepada publik dengan mengadakan summer break tahun ini.
Sementara itu pada kesempatan yang berbeda, Ketua Scuba Diver AustalAsia Ocean Planet Edisi Indonesia, Nunung Hasana mengatakan tiga hal branding-advertising-selling tidak cukup untuk mendatangkan wisman 20 juta hingga 2019. Perlu ada aksi nyata seperti menggaet komunitas pencinta wisata minat khusus dunia seperti diving, surfing, dan wisata bahari lainnya.

”Kalau cuma 20 juta wisman, bukan hal yang sulit untuk datang ke Indonesia. Komunitas diving dan surfing dunia saja lebih dari itu. Kita buat pertemuan seperti ini pasti target itu terlampaui sebelum 2019,’’ ungkap Nunung Hasana penuh optimistis, usai Launching komunitas Indonesian Women in Diving, di Gedung Sapta Pesona, kemarin.

Wanita paruh baya yang sudah menekuni dunia diving sejak 1975 tersebut optimistis bukan tanpa alasan. Potensi pada 33 provinsi tersebar ribuan spot diving yang memiliki kualitas skala dunia dan mayoritas diantaranya incaran para divers profesional internasional. ”Kalau kita tanya satu persatu wisatawan yang datang ke Indonesia itu mayoritas ke mana, saya yakin lebih dominan menikmati alam laut kita. Jadi kenapa tidak kita seriusin untuk mengelolah karunia Tuhan yang luar biasa ini,’’ pungkasnya. (nel)

Komentar telah ditutup.