Alexa Metrics

Cavendish Mundur Siapkan Olimpiade

Cavendish Mundur Siapkan Olimpiade

Indopos.co.id- Bintang Dimension Data Mark Cavendish memang tak perlu membuktikan apapun lagi di Tour de France (TDF) kali ini. Empat kemenangan etape sudah cukup menunjukkan bahwa rider 31 tahun tersebut “masih ada” dan tetap tangguh. Untuk itu pula pengumuman mundurnya dari TDF sama sekali tidak mengejutkan.

Posisi Cavendish memang bersaing dengan Peter Sagan (Tinkoff) di point classification. Rider Isle of Man itu menempati posisi kedua tepat di belakang Sagan. Namun selisih keduanya sudah terbentang lebar 405 lawan 291. Dengan sisa lima etape lagi dimana empat di antaranya tanjakan (termasuk satu ITT) rasanya tidak ada gunanya lagi bagi Cavendish untuk tetap bertahan.

Ada agenda yang lebih besar dari itu. Cavendish memilih fokus untuk menyiapkan keikutsertaannya di Olimpiade Rio de Janeiro bulan depan. Pengoleksi 30 kali kemenangan etape di TDF itu untuk kali pertama turun di ajang empat tahunan tersebut sejak 2008. Bertarung di kelas Omnium. Medali emas adalah satu dari sedikit saja torehan yang belum masuk dalam lemari prestasinya. Nomor Omnium putra bakal digelar 14-15 Agustus mendatang.

Berkat kemenangan empat etape Cavendish plus satu tambahan dari Stephen Cummings, Dimension Data berhasil mendominasi bagian awal TDF. ”Setelah menikmati sukses dalam dua pekan terakhir bersama timku, dengan berat hati aku memutuskan untuk mundur dari balapan,” tulis pernyataan resmi Cavendish  yang dirilis timnya dikutip Cycling News.

Setelah melewati panasnya pertarungan dan intensitas balapan di etape-etape awal, tim menganalisa tingkat kelelahan Cavendish. ”Dan aku berada pada level dimana aku bisa terkena dampak yang membahayakan persiapanku mencapai target besar lainnya yakni Olimipiade,” tandasnya. (cak)



Apa Pendapatmu?