Demo Rakyat Jepara Terhadap Kriminalisasi Bupatinya

indopos.co.id – Menyikapi berita yang marak beredar sehubungan dengan issue bupati Jepara sebagai tersangka, pagi tadi forum warga Jepara melakukan demo sebagai bentuk keprihatinan atas kasus tersebut.

Demo yang diikuti oleh sekitar dua ribu masyarakat, terdiri dari berbagai unsur masyarakat, dimulai pukul 08.00 memulai long March dari taman kerang menuju Kajari Jepara. Mereka menyampaikan 5 tuntutan yang intinya meminta institusi kejaksaan untuk tidak melakukan intervensi dan kriminalisasi atas kasus yang disangkakan terhadap bupati Jepara.

Baca Juga :

Koordinator aksi dari wilayah Jepara Selatan, Supriyadi menyampaikan, pihaknya menerima kabar kalau Ahmad Marzuqi menjadi tersangka kasus korupsi bantuan dana partai politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tahun 2011-2012. Dia menganggap itu sebagai bentuk kriminalisasi, jelang Pemilukada 2017.

Setelah diterima oleh Kajari Jepara, forum warga Jepara melanjutkan demo ke kantor Pemerintahan Kabupaten Jepara. Mereka melakukan orasi damai untuk memberikan dukungan moral kepada bupati Jepara Ahmad Marzuqi.

Dalam orasi tersebut, beberapa orator memanggil Wakil bupati Jepara Subroto untuk menemui mereka, tapi karena wakil Bupati sedang ada acara di tempat lain, pendemo tidak berhasil menemuinya. Mereka menyebut-nyebut pula jaksa Agung dan meminta untuk tidak mengkriminalisasi Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dalam orasi tersebut.

“Stop kriminalisasi oleh kejaksaan. Hentikan praktik KKN di institusi kejaksaan. Tegakan hukum secara profesional,” seru Supriyadi.

Baca Juga :

Supriyadi meminta institusi Kejaksaan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Seperti diketahui, Supriyadi bilang, Wakil Bupati Jepara Subroto merupakan adik kandung Jaksa Agung Prasetyo. Subroto sudah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon bupati Jepara.

“Patuhi lima butir intruksi presiden kepada kejaksaan,” tandas Supriyadi.

Setelah tiga puluh menit melakukan orasi damai akhirnya forum ditemui bupati jepara Ahmad Marzuqi.

Dalam tanggapannya bupati menyampaikan rasa simpati dan ungkapan terima kasih atas simpati dari warga jepara. Menutup sambutanya bupati menghimbau agar masyarakat tetap tenang, tidak berbuat anarkis dan kembali melakukan aktifitas. (amd)

Komentar telah ditutup.