Dilibas Dortmund Noda Perdana Mou Besut Manchester United

Indopos.co.id– Nama besar Jose Mourinho ternyata tak bisa menjamin dengan instan kebangkitan nama Manchester United. Usai terseok-seok di tangan Louis Van Gaal, nyatanya sosok Mou, panggilan Jose Mourinho, butuh proses panjang mempersiapkan Wayne Rooney dkk.  Kemarin (22/7) di Shanghai Stadium, Setan Merah, julukan Manchester United, takluk di tangan Borussia Dortmund. United dipukul Dortmund dengan skor 4-1.

Keempat gol Dortmund dalam laga kemarin dihasilkan Gonzalo Castro pada menit ke-19 dan 86, Pierre-Emerick Aubameyang (36′ pen.), dan Ousmane Dembele (57′). Sementara satu-satunya gol United dihasilkan Henrikh Mkhitaryan (59′).

Baca Juga :

Mou kepada Sportsmole kemarin seusia laga mengatakan absennya beberapa pemain membuat lubang menganga dalam laga kemarin. United kemarin tanpa Wayne Rooney, Zlatan Ibrahimovic, Anthony Martial, Morgan Schneiderlin, dan Marouane Fellaini.   “Sungguh nyata seandainya transfer yang kami lakukan kurang satu pemain lagi. Kami mengejar satu bek, satu gelandang, satu penyerang, dan satu pemain kreatif agar tim kami seimbang,” kata pria asal Setubal tersebut.

Jelas kalau membaca transfer United sampai kemarin, maka yang dinanti Mou adalah satu pemain kreatif. Sedang satu bek sudah didapatkan (Eric Bailly). Lalu satu gelandang (Henrikh Mkhitaryan), dan satu penyerang (Zlatan Ibrahimovic) pun sudah memastikan berada di Old Trafford musim depan.

Baca Juga :

Memakai formasi 4-2-3-1, Mou memasang Memphis Depay sebagai penyerang tunggal di lini depan. Depay yang bermain bukan di posisi aslinya terlihat kurang nyaman.  Di belakang Depay, Mou menempatkan Jesse Lingard, Juan Mata, dan  Mkhitaryan sebagai gelandang penopang. Lantas sebagai gelandang bertahan mantan pelatih Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid itu mempercayai Ander Herrera dan Daley Blind. Di barisan back four Mou memakai Antonio Valencia, Bailly, Phil Jones, dan Luke Shaw.

Dengan formasi dan pemain yang memang belum padu, dari statistik laga versi ESPN mendominasi. Ball possession Dortmund kemarin mencapai 61 persen. Kemudian total attempts Dortmund empat kali lebih banyak ketimbang United. Yakni 15 tembakan berbanding empat.   “Kami sudah 75 persen dari semua kekuatan yang kami bayangkan. Seandainya kebutuhan kami terpenuhi, maka kami akan menjadi tim yang utuh,” bela Mou soal kekalahannya tersebut.

Sementara itu, pemain United Ander Herrera mengakui jika kondisi fisik rekan-rekannya masih buruk. Dibandingkan Dortmund yang masa persiapan lebih dahulu, maka performa United kemarin memang masih jauh dari ideal.   “Akan tetapi saya meyakini misal jalan kami bersama Mou musim mendatang akan bersinar. Mou punya kemampuan mengangkat tim ini seperti yang dilakukannya kepada Chelsea, Inter Milan, maupun Real Madrid,” ucap mantan pemain Athletico Bilbao tersebut.

Sementara itu, pelatih Dortmund Thomas Tuchel mengaku mendapat pelajaran banyak dari turnamen pra musim kali ini. Tuchel mengaku kinerja lini depannya belumlah maksimal. (dra)

pelatih Manchester United, Jose Mourinho.  AFP


loading...

Komentar telah ditutup.