Kontingen AS Pecahkan Rekor Jumlah Atlet Putri Terbanyak dalam Sejarah Olimpiade.

Indopos.co.id- Kurang dua minggu lagi Olimpiade Rio 2016 digelar. Kemarin Di Los Angeles, Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC) resmi mengumumkan nama-nama atlet yang akan mereka bawa ke Brasil. Bersejarah, karena AS memecahkan rekor jumlah atlet putri terbanyak dalam keikutsertaan kontingen di Olimpiade.

Total AS membawa 555 atlet. Dari jumlah itu, 292 di antaranya adalah perempuan. Itu artinya jumlah atlet perempuan yang dibawa AS ke Olimpiade ini lebih banyak dibanding para atlet pria yang jumlahnya 263 orang.

Baca Juga :

Ini menjadi kali kedua kontingen AS membawa atlet perempuan lebih banyak dibanding atlet pria dalam sebuah edisi olimpiade. Sebelumnya, rekor jumlah atlet putri terbanyak yang dibawa sebuah kontingen ke Olimpiade dilakukan oleh Tiongkok pada Olimpiade 2008.

Saat itu negeri tirai bambu membawa serta 289 atlet putri. “Ini merupakan capaian bersejarah untuk delegasi putri kami,” ucap CEO USOC, Scott Blackmun kemarin dilansir Washington Post. “Ini bukti nyata bahwa kekuatan olahraga kami di sektor putri sedang semakin kuat dan terus berkembang,” tambahnya.

Allyson Felix, sprinter 30 tahun akan menjadi atlet putri AS dengan koleksi medali terbanyak yang terbang ke Rio dengan empat emas dan enam medali secara keseluruhan. Dia membela AS kali pertama pada Olimpiade Athena 2004 silam.

Dari tenis, pasangan adik-kakak Venus dan Serena Williams juga bakal menjalani Olimpiade keempatnya bersama AS. Sejauh ini baik Venus maupun Serena sama-sama sudah menyumbangkan empat emas untuk AS ( satu tunggal dan tiga ganda).

Dari sektor olahraga tim, timnas basket putri AS memburu medali emas kali keenam berturut-turut di Olimpiade ke-31 ini. Sementara itu, di sektor putra timnas basket AS memburu emas kali ketiga berturut-turut.

Seperti atlet-atlet dari negara lain, virus zika juga sempat membuat para kontingen AS was-was untuk terbang ke Brasil. Namun, jaminan dari federasi olahraga masing-masing membuat para atlet merasa lebih aman. “Tidak ada keraguan lagi. Kami akan dijaga dengan baik. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan,” ucap Elena Delle Donne, salah satu skuad timnas basket putri AS dilansir ABC.

Di lain sisi, timnas sepak bola putri AS yang tahun lalu baru menjuarai Piala Dunia Sepak Bola Putri di Kanada berusaha membawa pulang emas keempatnya berturut-turut dari Olimpiade. Jika berhasil, mereka akan menjadi yang pertama dalam sejarah, Juara FIFA Women’s World Cup mengawinkan gelar juara Olimpiade di tahun berikutnya.

Kontingen AS bakal turun di 244 nomor dari total 306 medali emas yang diperebutkan. Mereka turun di 27 cabang olahraga. Dari 555 atlet yang mereka bawa, 191 di antaranya adalah wajah lama di Olimpiade.

Di Olimpiade 2012, AS berjaya dengan menjadi kontingen pengumpul medali terbanyak  dengan 46 emas, 28 perak, dan 29 perunggu (total 103 medali). Meningkat dari Olimpiade 2008 di Beijing yang mana saat itu mereka hanya menjadi runner up dengan mengumpulkan 36 emas 38 perak 36 perunggu. (irr)

Komentar telah ditutup.