Alexa Metrics

Melihat Perjalanan Riko “Ucok” Simanjuntak di Semen Padang (1)

Melihat Perjalanan Riko “Ucok” Simanjuntak di Semen Padang (1)

INDOPOS.CO.ID – Satu gol yang diciptakan Riko ”Ucok” Simanjuntak saat Semen Padang mencukur Persib Bandung 4-0 pada pekan ke-12 Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 di Stadion H Agus Salim, Padang, Senin malam (25/7), seakan menjadi penyempurna penampilan apik pemain asal Medan itu selama berseragam Seman Padang.

DATANG ke Padang sebagai pemain yang diproyeksikan sebagai pengganti peran Hendra Adi Bayauw di sisi penyerangan sebelah kanan, tidak sedikit yang awalnya meragukan kualitas Riko “Ucok” Simanjuntak. Apalagi sebelum memperkuat tim yang didanai pabrik semen pertama di Indonesia tersebut tidak banyak yang mengetahui tentang pemain ini.

Mantan pemain Persegres Gersik United, hanya identitas itu yang dibawanya untuk bergabung bersama Kabau Sirah-julukan Semen Padang. Kurangnya referensi tentang karir pemain yang biasa dipanggil Ucok itulah yang membuat sebagian besar pendukung Semen Padang sedikit pesimis dia mampu menggantikan peran Hendra Adi Bayauw.

Pasalnya, beberapa tahun terakhir peran Bayauw cukup krusial di tim Kabau Sirah. Selain kemampuan larinya yang cepat, pemain asal Tulehu, Maluku itu juga dikenal cukup lihai dalam melepaskan umpan-umpan krosing dari sisi kanan. Meski dianggap belum sepadan dengan Bayauw yang memilihbergabung dengan Mitra Kukar, Ucok yang kala itu belum terlalu dikenal publik Ranah Minang justru masuk starting eleven yang diturunkan pelatih Nil Maizar pada pertandingan perdana Semen Padang di Stadion H Agus Salim kala menjamu PSM Makassar.

Tampil perdana di depan para pendukung Semen Padang, Ucok langsung memberi bukti sahih kalau pilihan manajemen memilih dirinya tidak salah. Meski belum mencetak gol, tapi kecepatan dribling-nya harus diakui tidak kalah dari Bayauw. Akselerasinya dari sisi kanan juga sering membuat kocar-kacir para pemain lawan. Satu hal lain yang mungkin membuat Ucok langsung bisa memikat seisi stadion di penampilan perdananya adalah, semangat dan sikap pantang menyerah yang ditunjukkannya di sepanjang pertandingan.

Dia tidak segan melakukan duel udara dengan pemain-pemain belakang lawan yang memiliki badan lebih kekar. Bukan itu saja, Ucok juga lebih aktif membantu pertahanan, sehingga tugas Hengki Ardiles mengawal lini pertahanan sebelah kanan menjadi sedikit lebih terbantu dengan keberadaan pemain dengan nomor punggung 20 ini. Ucok nyaris berlari sepanjang pertandingan, seakan dia tidak ada lelahnya.

Langsung mencuri perhatian pada pertandingan debutnya di Stadion H Agus Salim, penampilan Ucok menjadi salah satu yang ditunggutunggu pecinta Kabau Sirah setiap kali hadir ke stadion. Sikap Ucok yang cukup mudah bergaul dan mau dekat dengan para fans juga membuatnya tidak membutuhkan waktu lama untuk lepas dari bayangbayang Bayauw. (y/jpg/ bersambung)



Apa Pendapatmu?