Alexa Metrics

Patrick Kluivert Tak Sekadar Tampang di PSG

Patrick Kluivert Tak Sekadar Tampang di PSG

INDOPOS.CO.ID- Keraguan masih terus terbayang ketika Paris Saint-Germain menunjuk Patrick Kluivert sebagai Direktur Olahraga yang baru sepeninggal Leonardo Araujo yang mengundurkan diri Agustus 2013. Sebab, rekam jejak mantan bomber tim nasional Belanda itu agak meragukan.

Sejak berhenti merumput dengan memperkuat Lille 2008 silam, tercatat Kluivert pernah menangani tujuh tim berbeda dengan statistik empat tim berstatus asisten pelatih, sementara tiga lainnya dia menjadi pelatih kepala.

Dari ketujuh tim tersebut, dua diantaranya boleh dibilang tim besar seperti AZ Alkmaar dan timnas Belanda. Selain itu, Kluivert praktis menangani timnas Curacao, Brisbane Roar, maupun akademi Ajax Amsterdam.

Karena itu, tidak berlebihan jika PSG merekrut Kluivert murni didasarkan alasan bisnis. Sebagai legenda Barcelona dan Belanda, Kluivert bisa melebarkan pangsa pasar PSG hingga ke Negeri Tulip maupun menjangkau masyarakat di Spanyol. Keraguan itu muncul setelah Wakil Direkur Umum Lille Michael Vandamme, mengatakan bahwa Kluivert tidak cocok jika menjadi direktur olahraga. ”Dia memang hebat sebagai pribadi. Namun, aku tidak melihatnya memiliki kemampuan dalam memimpin dan mengatur sejumlah transfer besar,” kata Vandamme kepada L’Equipe.

Apalagi, tahun ini, klub berjuluk Les Parisien tersebut baru saja mencatatkan revenue tertinggi nomor empat di dunia dengan nominal EUR 480,8 juta (Rp 7,06 triliun) dan peringkat ke-13 di Bumi untuk kategori tim paling bernilai versi Forbes dengan USD 720 juta (Rp 9,42 triliun).

Owner Nasser Al-Khelaifi seakan menyiratkan bahwa kehadiran Kluivert diperkukan untuk mendongkrak brand klub ibukota tersebut. ”Aku yakin pengalaman dan kemampuannya di sepak bola bisa membuat PSG semakin maju di dunia internasional,” tutur Al-Khelaifi kepada Goal.

Namun, Kluivert ogah jika hanya sebagai ”pemanis.” Dia mengatakan siap membawa pemain yang dibutuhkan Unai Emery agar PSG bisa menjadi kampiun tidak hanya di Prancis. Namun juga Eropa.

”Aku bakal melaksanakan misiku dengan ambisi besar,” ucapnya seperti dilansir situs resmi klub. Dan, sejauh ini dia berhasil mendatangkan Grzegorz Krychowiak dan Hatem Ben Arfa. (apu)

Direktur Olahraga Paris Saint-Germain (PSG), Patrick Kluivert. AFP



Apa Pendapatmu?