Olimpiade, Misi Tambah Koleksi Medali Michael Phelps

INDOPOS.CO.ID-Bintang renang Amerika Serikat (AS) Michael Phelps sudah tiba di Rio de Janeiro. Kemarin bersama tim renang negeri Paman Sam lainnya, Phelps berlatih kali pertama di Olympic Aquatic Center Rio de Janeiro. Perenang 31 tahun itu tidak sabar menambah koleksi medali di Olimpiade.

Ini akan menjadi penampilan kelima Phelps di Olimpiade. Kali pertama dia tampil di even empat tahunan ini adalah di Sydney 2000. Saat itu dia masih berusia 15 tahun.

Baca Juga :

Sampai saat ini, pemegang tiga rekor dunia nomor individu itu sudah punya 22 medali. Membuatnya tercatat sebagai olimpian pengumpul medali terbanyak dalam sejarah. Atas segala dedikasinya itu, Phelps di upacara pembukaan Jumat nanti diberi kehormatan sebagai pembawa bendera kontingen AS.

Di Rio, pengumpul 26 medali emas kejuaraan dunia renang itu akan turun di tiga nomor andalan, yakni 100 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya kupu-kupu, dan 200 meter gaya ganti. Kuat kemungkinan dia juga menjadi bagian dari tim AS di nomor estafet putra.

Sebelum terbang ke Rio, perenang kelahiran Baltimore, Maryland itu telah menuturkan bahwa ini akan menjadi Olimpiade terakhirnya sebagai atlet. “Ini saatnya. Tidak ada kesempatan lain,” ucap Phelps dilansir Associated Press. “Ini benar-benar yang terakhir,” tambahnya.

Pernyataan Phelps akan pensiun memang bukan kali pertama. Setelah tampil di Olimpiade London 2012 lalu, dia sudah mengatakan hal serupa. Namun, 18 bulan kemudian dia comeback.

Pelatih AS Bob Bowman sendiri sudah mengatakan bahwa perenangnya tersebut sangat siap. Sesiap penampilan-penampilan Phelps di Olimpiade sebelumnya. “Seperti yang kalian lihat. Dia akan memberikan sesuatu yang berbeda seperti biasanya,” jelas Bowman.

Di Olimpade London 2012 lalu Phelps menggondol empat emas dan dua perak. Itu membuatnya saat ini total sudah mengumpulkan 18 emas, dua perak, dan dua perunggu sepanjang karier di Olimpiade.

Sampai saat ini, rekor dunianya di nomor 400 meter gaya ganti (2008), 200 meter gaya kupu-kupu (2009), dan 100 meter gaya kupu-kupu (2009) belum ada yang menandingi. Itu belum termasuk dengan empat rekor nomor estafet yang juga dia pegang bersama tim renang AS.(irr)


loading...

Komentar telah ditutup.