Jangan Sepelekan Cawagub DKI

INDOPOS.CO.ID – Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI Network) Toto Izul Fatah mengatakan, sejumlah nama seperti Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Sandiaga Uno sudah terpilih menjadi salah satu calon Gubernur DKI 2017. Ahok didukung Partai Golkar, Nasdem, dan Hanura sedangkan Sandiaga mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra.

Meski sudah ditetapkan, karena jumlah kursinya belum cukup maka Gerindra harus berkoalisi. Menurut dia, hal menarik lainnya yakni terkait calon wakil gubernur. Siapa pun calon gubernur yang akan tampil tetapi harus memilih secara tepat wakilnya agar perjalanan menuju pemilihan berjalan lancar, dan pada saat sudah terpilih bisa menjadi tim yang solid.

Baca Juga :

Pergeseran Tanah, Satu Rumah Nyaris Ambruk

Dari kelima syarat ini, lanjut Toto, nomor tiga, empat dan lima biasanya menjadi patokan para calon gubernur untuk memilih wakilnya. “Kalau melihat seperti ini, yang saya tahu adalah Pak Sekda sekarang, yaitu Pak Saefullah,” kata dia. Mantan Walikota Jakarta Utara itu dianggap memenuhi tiga unsure, yakni kompetensi karena dia dari birokrasi, kemudian ketokohan.

Jelas Saefullah memegang berbagai organisasi. Salah satunya Ketua NU DKI dan primordial dia berasal dari Betawi. “Mungkin di luar itu masih ada, tetapi dari tiga unsur tadi, Pak Saefullah yang paling lengkap,” katanya. Toto mengingatkan bahwa dari hasil penelitian, pemilih yang bersandarkan pada agama masih tinggi yakni 25 persen,” tambah dia. Jadi, sambung Toto, tidaklah heran bila Saefulah menjadi incaran para calon gubernur DKI nantinya. “Ini ada pada Pak Saefullah karena beliau ketua NU, dan tokoh agama,” pungkas dia. (wok)

Baca Juga :

Komentar telah ditutup.