Alexa Metrics

Ratusan PRT Terjaring Operasi Biduk

Ratusan PRT Terjaring Operasi Biduk

 INDOPOS.CO.ID – Pemerintah  Jakarta Pusat gencar melaksanakan Operasi Pembinaan Penduduk (Biduk). Seperti di Apartemen Oasis, RW 02, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Ratusan pembantu rumah tangga (PRT) terjaring dalam operasi tersebut, kemarin.

Seluruh PRT yang terjaring langsung dibuatkan Surat Keterangan Domisi Sementara (SKDS) di mobil layanan uang disediakan di halaman parkir apartemen tersebut. Operasi Biduk dipimpin Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede dan Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Edison Sianturi, serta Camat Senen Munjir.

Satu persatu ruangan apartemen didatangi. “Operasi biduk ini sifatnya pembinaan, supaya warga pendatang sadar terkait administrasi kependudukan. Nantinya tidak ada lagi warga asli atau pendatang yang tidak berindentitas atau tidak terdaftar di administrasi kependudukan,” ujar Mangara.

Emi (29), warga brebes yang sudah bekerja 10 tahun bersama warga India, merasa senang dengan dibuatkan SKDS dari Dukcapil. Dirinya jadi tenang bisa tinggal di apartemen sebagai PRT. “Alhamdulillah, sekarang bikin SKDS gampang, tinggal datang langsung dibuatkan, Gak sampai 10 menit SKDS saya dah selesai,” tutur dia.

Sementara itu, Ka Sub Tata Usaha (TU) Sudin Dukcapil Jakarta Pusat Edward Idris mengungkapkan total layanan Operasi Biduk terpadu di Apartemen Oasis mencapai 122 orang. Pembuatan SKDS 103 orang, perekaman KTP el 4 orang, serta WNA Arab Saudi overstay 15 orang. (wok)



Apa Pendapatmu?