Alexa Metrics

Jumpa BSU, Jadi Debut Manis Pelatih Anyar Persipura

Jumpa BSU, Jadi Debut Manis Pelatih Anyar Persipura

INDOPOS.CO.ID– Persipura Jayapura berhasil mengakhiri tren buruk mereka di Indonesia Soccer Championship (ISC). Itu setelah tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut menang dramatis dengan skor 2-1 atas Bhayangkara Surabaya United di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, kemarin (5/8).

Tiga poin tersebut adalah pemuas kegalauan Boaz Solossa dkk setelah dalam tiga pertandingan sebelumnya tidak pernah menang. Kemenangan tersebut kian istimewa lantaran inilah pertandingan perdana Persipura di tangan pelatih anyar mereka, Angel Alfredo Vera.

’’Pertandingan yang luar biasa. Kami mampu menang dari tim yang dalam kondisi puncak dengan lima laga selalu menang. Hasil ini diraih berkat kerja keras semua pemain yang memang berkeinginan kuat untuk keluar dari kinerja buruk selama ini,’’ ujar Vera kepada Jawa Pos (Grup Indopos) seusai laga.

Kedua tim memang bermain alot dengan sama-sama memeragakan permainan terbuka. Dan, Persipura yang mendominasi ball possession di babak pertama masih belum bisa membobol gawang BSU.

Memasuki babak kedua, Marinus Mariyanto berhasil membuat skuad Persipura bersorak melalui golnya kala paro kedua berjalan tujuh menit. Tetapi, gol tersebut sekaligus menjadi akhir kiprah pemain 19 tahun tersebut.

Sebab, dia berselebrasi melampiaskan golnya dengan melepas jersey. Wasit Thoriq Alkatiri pun tanpa ragu langsung menghadiahi kartu kuning. Marinus yang sudah mengantongi kartu kuning pertama pada menit ke-38 langsung diganjar kartu merah.

Keunggulan jumlah pemain langsung dimanfaatkan oleh BSU. Skuad besutan Ibnu Grahan langsung mengurung pertahanan Persipura dengan serangan sporadis. Akan tetapi, gol yang ditunggu-tunggu baru lahir di masa injury time melalui sepakan bomber asal Brasil Thiago Furtuoso.

Dengan tambahan empat menit, laga kemarin tampaknya akan berakhir imbang. Dan, BSU yang memang dalam momen bagus usai menyamakan kedudukan terus melancarkan serangan. Bahkan, bek tengah Otavio Dutra juga overlapping guna mencuri satu gol tambahan.

Keasyikan menyerang berbuah petaka bagi BSU. Melalui skema serangan balik dan kemelut di depan gawang, Boaz Solossa berhasil mencetak gol pembalik keadaan. skor 2-1 menjadi penutup laga dan Persipura berhasil memutus hasil buruk mereka dalam tiga pertandingan sebelumnya yang mengukir dua tumbang dan sekali imbang. Tiga poin tambahan mengatrol posisi Persipura naik ke peringkat kelima dengan 22 poin.

’’Kemenangan yang berharga bagi kami. Ini modal penting untuk menyongsong pertandingan selanjutnya,’’ ujar Boaz.

Sementara itu, kekalahan tersebut membuat asa BSU untuk bisa mendekati Madura United dan Arema di dua teratas sirna. Posisi mereka masih terpaku di tempat ketiga dengan 26 angka.

’’Para pemian masih silau dengan anma besar Persipura. Selain itu, konsentrasi mereka juga perlu dilakukan perbaikan, terutama bagi pemain muda,’’ tutur Pelatih BSU Ibnu Grahan. (io/jpg)



Apa Pendapatmu?