Presiden Akan Kukuhkan 2000 Lebih Lulusan  IPDN

INDOPOS.CO.ID – Sebanyak 2.139 mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dari berbagai tingkat diwisuda hari ini, Minggu (7/8).  Senin (8/8) besok Presiden Joko Widodo diagendakan akan mengukuhkan para Praja atau lulusan D4 Institusi itu yang berjumlah 1.700 lebih. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan  agenda tersebut telah menjadi tradisi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Sudah menjadi tradisi tiap tahun Bapak Presiden yang mengukuhkan dan kali ini seluruh Praja lulusan IPDN harus siap ditugaskan di seluruh Indonesia,”  tutur Tjahjo.

Baca Juga :

Para Praja ini, kata Tjahjo,  telah melewati berbagai proses di institusi itu. Kuliah kerja, Pendidikan IPDN di daerah dan persyaratan lainnya telah mereka  dirampungkan. Setelah itu Praja akan melewati proses pengukuhan dan ditempatkan di seluruhh daerah-daerah di tanah air.

Mereka akan ditugaskan sebagai staff di pemerintahan tingkat Kecamatan. “Satu tahun setelah itu harus menjadi Camat, di semua wilayah NKRI,” pungkas Tjahjo.

Di kesempatan yang sama, Rektor IPDN Ermaya Suradinata menyampaikan amanat intitusi pendidikan itu pada para wisudawan. Ia menekankan pentingnya kepemimpinan yang telah diajarkan di bangku perkuliahan. Utamanya dalam membentuk karakter bangsa Indonesia.

“Kepemimpinan unsur penting membentuk karakter bangsa, ini tingkat awal untuk hal yang lebih besar,” ujarnya.  Dia juga meminta para lulusan, khususnya Praja, untuk tak cepat puas dengan prestasi yang diperoleh.

Sekedar informasi, lulusan IPDN dengan total 2.139 terdiri dari diploma 4 sebanyak 1.723 orang, 198 wisudawan dari Sarjana Ilmu Pemerintahan, 24 lulusan profesi Kepamongprajaan, 192 orang wisudawan S2 dan dua orang strata 3 bergelar doktor.  (adn)


loading...

Komentar telah ditutup.