Jonan Lengser, Kemenhub Lanjutkan Proyek Kereta Cepat

INDOPOS.CO.ID – Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang sempat terhenti beberapa waktu lalu, kini kembali dilanjutkan pemerintah. Kelanjutan itu berdasarkan hasil pertemuan antara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dengan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dikutip dari akun twitter resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kemenhub RI @kemenhub151, pada Kamis (4/8) lalu Budi Karya Sumadi baru saja bertemu dengan Rini Soemarno memfinalisasikan proyek kereta cepat. Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya mendiskusikan dengan Menteri BUMN tentang peluang moda transportasi yang dapat dikerjasamakan dengan BUMN, perusahaan swasta nasional maupun asing.

Baca Juga :

Tujuan membuka kerjasama tersebut untuk membangun konektivitas trasportasi di Indonesia sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sementara itu Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan, terkait kereta api (KA) Cepat semua sudah berjalan seperti yang diharapkan. “Sudah tidak ada masalah lagi dengan izin pem bangunan,” ungkap Rini. Dia menyebutkan ada beberapa hal yang harus dipenuhi.

Namun untuk pembangunan sudah bisa bisa dilaksanakan dengan full. “Mid (Pertengahan) Agustus Signing pengucuran dana (dari bank) sudah bisa dilakukan,” ujar Rini Soemarno dikutip dari akun twitter @kemenhub151. Menteri yang ongah di-reshuflle itu menambahkan, bahwa setelah izin pembangunan selesai minggu depan, pembangunan konstruksi sudah bisa dimulai Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Budicahyono menyebutkan, bahwa izin pemba ngunan sudah bisa dikeluarkan secara menyeluruh dengan beberapa persyaratan. Sebelumnya izin pembangunan hanya untuk 5 kilometer (km) , kini diganti untuk keseluruhan panjang lintasan.

Baca Juga :

” Sesegera mungkin izinnya akn dikeluarkan,” sebutnya. Ditambahkannya, beberapa persyaratan seperti tanah, jembatan dan Detail Engineering Design (DED) harus segera dilengkapi. (iil/JPG)

Komentar telah ditutup.