Fokus

Menteri Asman Abnur: Perlu Gerakan Sadar Arsip

Editor:

INDOPOS.CO.IDKementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menjadi role model dalam gerakan arsip nasional. Sebagai kementerian yang bertanggung jawab terhadap birokrasi, Kementerian PANRB akan menjadi contoh bagi kementerian dan lembaga dalam mengelola arsip.
Hal tersebut diungkapkan Menteri PANRB Asman Abnur saat mengunjungi kantor  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta Selatan, Selasa (9/8). "Saya mengajak saudara-saudara agar dilakukan gerakan nasional sadar arsip. Kementerian PANRB kita akan jadikan role model, sehingga bisa ditularkan ke kementerian dan lembaga lain," katanya.
Asman mengatakan, pekerjaan seorang arsiparis merupakan pekerjaan penting yang jarang terlihat. Menurutnya, arsip merupakan bagian dari tata kelola pemerintahan. Jika arsipnya buruk maka birokrasinya akan buruk. "Jadi harus ada gerakan sadar arsip nasional dan harus dimulai dari lingkungan kita dulu. Ini kan pekerjaan yang selama ini diabaikan," kata Asman.
Menurut Asman, arsiparis merupakan orang yang punya keahlian khusus. Kalau tidak ada kecintaan terhadap profesinya maka arsip-arsip yang sudah hancur karena terkena bencana tidak akan bisa diselamatkan.
Kepala Anri Mustari Irawan mengatakan, banyak kementerian/lembaga (K/L) yang belum tertib arsipnya. Menurutnya, hal tersebut dipengaruhi oleh 5 faktor yaitu sumber daya manusia, masalah kelembagaan, NSPK (norma, standar, prosedur, dan kriteria), sarana dan prasarana, sertA Teknologi Informasi (TI).
"Kami berharap Kementerian PANRB bisa menjadi percontohan ke depan. Ini bisa jadi bench marking bagi kementerian lain. Kami bersedia memberikan dukungan," kata Mustari. (rmn)

Berita Lainnya kan

Banner

Twitter