Alexa Metrics

Giliran Sasar Semarang dan Jogja

Giliran Sasar Semarang dan Jogja

INDOPOS.CO.ID-Setelah Bandung, Panitia Lomba Ide Bisnis FIFGROUP 2016 untuk mahasiswa menyambangi kota Semarang. Universitas Diponegoro, menjadi destinasi pertama kunjungan panitia yang digawangi Corporate Communication Head Arif Reza Fahlepi itu.

Dari audiensi yang dilakukan dengan mahasiswa Undip, mereka di sana begitu antusias dengan lomba ide bisnis yang digagas FIFGROUP itu. ”Ternyata, mahasiswa di sini telah cukup lama menunggu lomba semacam ini,” kata Arif Reza Fahlepi antusias, Selasa (9/8).

Setelah Semarang, kemarin tim bergerak menuju Jogjakarta. Di kota Gudeg itu, tim FIFGROUP pusat didampingi perwakilan FIFGROUP Wilayah Jogjakarta 2 melakukan sosialiasasi di kampus UGM dan Universitas Atmajaya. Sama seperti di Semarang, di dua kampus terkenal di Jogja ini, para mahasiswa begitu antusias menyambut lomba ide bisnis ini.

Dia mengatakan, lomba ide bisnis ini merupakan upaya FIFGROUP untuk menciptakan lahan baru untuk usaha, terutama bagi kalangan mahasiswa. Hal ini sesuai dengan misi perusahaan pembiayaan ini, yakni membawa kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat.

”Kami juga ingin membuka peluang bagi mahasiswa untuk berbisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan. Lomba ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian Indonesia,” ujarnya saat sosialisasi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponegoro (Undip) dan BEM FISIP Undip, Selasa (9/8).

Lomba ini, lanjutnya, dapat diikuti oleh mahasiswa S1 seluruh Indonesia dengan ketentuan tim minimal 2 orang, dan maksimal 4 orang. ”Idenya bebas, bisa bisnis apa saja. Yang penting unik dan orisinil, dan sesuai dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” katanya didampingi anak buahnya Lona Raditya, dan Iwan Setiawan dari FIFGROUP Semarang.

Kompetisi ide bisnis yang merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun FIFGROUP ke-27 ini memperebutkan total hadiah Rp 270 juta yang terdiri atas hadiah uang tunai serta modal kerja. Lima puluh peserta dengan ide terbaik yang lolos pada tahap pertama akan diboyong ke Jakarta untuk melakukan presentasi.
”Nanti akan diambil tiga terbaik. Untuk yang lolos tahap pertama, kami juga akan memberikan hadiah uang masing-masing Rp 1 juta sebagai bentuk apresiasi ide mereka. Sebab, menemukan ide bisnis itu nggak mudah lho,” cetus Lona Raditya yang asli Surabaya itu.

Dikatakan, lomba ini telah dibuka sejak 15 Juni lalu, dan terakhir submit proposal ide bisnis pada 15 September 2016 melalui website www.fifgroup.co.id/idebisnis. Ide-ide bisnis mahasiswa ini nantinya akan dinilai oleh beberapa juri yang kompeten, seperti praktisi, pakar ekonomi, dan juga komisaris independen sebuah bank nasional, Aviliani, yang juga pengamat ekonomi, serta beberapa juri lainnya.

Presiden BEM Undip, Fawaz Syaefullah mengatakan, kompetisi ide bisnis seperti ini sangat bagus mengingat banyak mahasiswa, khususnya di Undip yang sebenarnya memiliki potensi, namun tidak ada yang mewadahi. Ia berharap kompetisi ini dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas mahasiswa.

”Saya rasa event ini sangat positif, karena bisa meningkatkan kreativitas para mahasiswa. Selain itu, juga dapat menyalurkan ide-ide mahasiswa yang sebenarnya bagus,” ujarnya. (mg4/aro/wsa)



Apa Pendapatmu?