Dana dari Kemenpora untuk Pelaksanaan Teknis PON 2016

INDOPOS.CO.ID– Kebutuhan anggaran untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 cukup besar. Sekitar Rp.977 Miliar sudah dialokasikan untuk gelaran PON dan Peparnas (PON untuk difabel). Anggaran tersebut berasal dari APBD provinsi Jawa Barat dan APBN via Kemenpora. Porsi anggaran memang lebih banyak dialokasikan Jabar, dengan Rp.842 M. Sedangkan Kemenpora menyediakan Rp.135 M untuk dua ajang tersebut. Tetapi hingga sekarang dana dari Kemenpora belum dicairkan sama sekali.

Padahal, dana tersebut rencananya akan dialokasikan untuk pelaksanaan teknis PON dan Peparnas 2016. Ahmad Hadadi, Sekretaris Umum PB PON 2016 mengaku pihaknya memang bertumpu kepada Kemenpora. “Honor wasit hingga akomodasi dan transportasi juga akan alokasikan dari dana tersebut,” kata Hadadi saat dikonfirmasi koran ini kemarin (11/8). Selain itu, menjelang 37 hari menuju opening PON 2016 bakal menjadi pertaruhan buat Jawa Barat sebagai tuan rumah untuk menggelar ajang empat tahunan itu lebih meriah.

Sejumlah persiapan juga terus berjalan di 16 kota dan kabupaten tuan rumah di Jabar. Dengan pusat di Kota Bandung, PON kali ini menjadi multievent dengan kota penyelenggara terbanyak sepanjang sejarah.  Untuk itu, PB PON tetap mengupayakan agar masa persiapan yang berjalan kali ini bisa lebih maksimal. Harapannya, awal September nanti semua veneu sudah siap dipakai untuk pertandingan.

Sementara itu, Gatot S Dewa Broto, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora menjelaskan dalam waktu seminggu kedepan bakal segera dicairkan. Proses administrasi di internal Kemenpora menjadi fakto utama belum cairnya anggaran tersebut.  Garot mengatakan bahwa pencairan anggaran itu garus melewati proses verifikasi dari inspektorat negara. “Kami tidak mau mendapatkan masalah hukum di kemudian hari, untuk itu semua harus clear di depan,” sebutnya.

Baca Juga :

Khusus anggaran dukungan ajang PON dan Papernas itu diharapkan bisa cair secara keseluruhan. “Kalau bisa langsung akan kami upayakan, waktu pelaksanaan juga semakin dekat,” terang pria asal Jogjakarta itu. Hari ini, Kemenpora direncanakan juga akan menerima perwakilan PB PON untuk mendapatkan update persiapan terakhir. (nap)

Komentar telah ditutup.