Program Riedl Dalam TC, Fokus Bangun Visi Bermain

INDOPOS.CO.ID – Waktu yang dimiliki oleh Alfred Riedl untuk mempersiapkan tim nasional (Timnas) Indonesia ke Piala AFF 2016 hanya tinggal menghitung pekan. Ya, turnamen untuk negara negara Asia Tenggara itu akan digelar di Myanmar dan Filipina mulai 19 November sampai dengan 17 Desember mendatang.

Nah, seakan tidak mau mengambi risiko dengan waktu tersebut, Riedl pun memilih untuk fokus memperkuat organisasi tim saat menggelar training center di Solo, 22-27 September nanti. Program latihan dengan bentuk small games pun rencananya akan mendapat porsi terbesar dalam pemusatan latihan pendek selama lima hari itu.

Baca Juga :

PABSI Bantu Selesaikan Masalah Deni

“Karena intensitas waktu berkumpul pemain sangat minim. Jadi, dengan program latihan semacam itu (small games, Red) antara pemain akan cepat melakukan adaptasi,” kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih Timnas. “Selain itu, performa fisik dan stamina pemain juga tetap terjaga selama pemusatan latihan singkat ini,” tuturnya.

Bagi pria asal Austria itu, metode latihan dengan bentuk latih tanding antara pemain itu sangat efektif untuk membentuk visi setiap pemain. Apalagi, selama program latihan selama lima hari di Solo tersebut, Boaz Solossa dan kawan-kawan tidak diberikan jadwal uji coba untuk mengukur sejauh mana kemampuan mereka.

Baca Juga :

Menurut Pikal, pemain akan lebih banyak diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan teknik serta taktik dalam bentuk skema menyerang serta bertahan. “Intinya kami ingin kerjasama antara pemain bisa lebih kuat. Mereka pun harus bisa bermain dengan mengutamakan ballposession,” jelasnya.

Dalam pemusatan latihan kali ini, Riedl memanggil 24 pemain dengan empat wajah baru yang tidak dipanggil saat Indonesia menjalani pertandingan ujicoba melawan Timnas Malaysia, pada 6 September lalu. Mereka adalah striker PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, Dominggus Fakdawer (Persipura), Rizki Pora (Barito Putera), Dedi Kusnandar (Sabah FC/Malaysia), dan Arthur Bonai (Perseru Serui).

 

Baca Juga :

Hoki Jadwalkan Try Out ke Belanda

Total 24 pemain yang dipanggi oleh Riedl tersebut, direncanakan sudah mulai berkumpul di Solo pada mulai siang ini. Semua pemain kemudian akan diinapkan di The Alana Hotel, Solo. Setelah beberapa jam melakukan istirahat, para pemain kemudian menjalani sesi latihan pertama pada sore hari. Selanjutnya, di hari berikutnya, mereka akan latihan dua kali dalam setiap hari.

Sementara itu, Timnas Indonesia berencana akan melakoni pertandingan ujicoba internasional melawanTimnas Vietnam, di Indonesia  pada 14 Oktober mendatang. Itu akan menjadi uji coba kedua setelah mereka sukses membantai Malaysia tiga gol tanpa balas di Stadion Manahan, Solo, 6 Setember lalu. (ben/jpg)

Komentar telah ditutup.