Agria Swara Unjuk Kebolehan di Irlandia

INDOPOS.CO.ID – Agria Swara, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Pertanian Bogor (IPB) membuktikan kemampunya di panggung musik internasional. Paduan suara yang beranggotakan para mahasiswa itu bakal mengikuti kompetisi The 4th Edition City of Derry International Choral Festival di Londonderry, Irlandia Utara pada 19 hingga 23 Oktober mendatang.

”ini satu kebanggan buat kami, sebagai Paduan Suara Mahasiswa yang bisa tampil di festival internasional,” ujar Giri Rizky R, mewakili PSM Agria Swara saat jumpa pers di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca Juga :

Teguh ‘Pinang’ Jewel di Lagu Cinta Kita

Giri mengatakan kompetisi The 4th Edition City of Derry International Choral Festival di Londonderry, Irlandia Utara memang bukalah ajang pertama Agria Swara untuk berlaga di tingkat internasional.  Hanya saja, kendala keungan menjadi faktor utama untuk bisa tampil disana.  “Yang menjadi kekhawatiran adalah pendanaan. Alhamdulillah, tahun ini kegiatan kami dibantu Lions Club,” ujarnya.

Beberapa pihak pun juga ikut membantu PSM Agria Swara, di antaranya adalah desainer Raden Sirait. Radenmembuat kostum yang akan mereka kenakan saat berkompetisi. ”Konsepnya mereka akan menyanyikan lagu-lagu daerah makanya saya buatkan juga baju-baju kebaya. Jadi benar-benar nuansanya Indonesia banget,” ujar Raden Sirait yang juga inisiator event tersebut.

Baca Juga :

Givina: Aku Takut Banget Sih..

Selain kompetisi internasional di Irlandia Utara, PSM Agria Swara juga akan menggelar Konser Malam Indonesia di Jakarta dan London, Inggris. Dalam konser ini mereka melibatkan komponis ternama Viky Sianipar yang bertindak sebagai penata musik. Pertunjukan ini merupakan bagian dari kegiatan The 7th International Mission in Art and Culture (IMAC) PSM IPB Agria Swara.

The 7th International Mission in Art and Culture (IMAC) merupakan kegiatan yang diadakan oleh PSM IPB Agria Swara dalam rangka memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasional melalui musik dan tarian daerah. ”Aransemen untuk paduan suara ini pertama kali buat saya. Ini tantangan buat saya. Ternyata hasiknya keren. Saya sendiri saja sampai merinding,” ungkap Viky Sianipar. (anh/ash)

Baca Juga :

Komentar telah ditutup.