“Swing Voters” Bakal Dibidik Anies-Sandi

INDOPOS.CO.ID – Jumlah pemilih yang belum menentukan pilihannya (swing voters) di Pilkada DKI sebesar 28 persen. Jumlah tersebut menjadi bidikan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Kami punya PR yaitu 28 persen warga yang belum menentukan pilihan, jadi kami harus hadirkan sebuah gerakan untuk meyakinkan mereka bahwa kami memberikan solusi terhadap masalah yang mereka hadapi, antara lain masalah ekonomi,” kata Sandiaga usai menyapa warga di posko relawan Benda Jaya, Jakarta Timur, Sabtu (8/10).

Menurut dia, cara paling efektif untuk merangkul para swing voters, yakni dengan terjun ke lapangan, berdialog langsung, dan menyerap aspirasi warga. Beberapa keluhan yang sering disampaikan masyarakat kepada pasangan Anies-Sandi adalah sulitnya lapangan pekerjaan dan tingginya harga bahan pokok.

Sebagai pengusaha yang selama 20 tahun berkarir telah membuka 50 ribu lapangan kerja, Sandi merasa mampu memberikan solusi bagi kedua masalah tersebut.

“Saya berjanji Anies-Sandi Insya Allah akan menghadirkan lapangan pekerjaan yang lebih baik, harga sembako dan biaya hidup yang lebih terjangkau, khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah. Karena ‘Jakarta untuk Semua’ jadi tidak boleh ada ketimpangan ekonomi,” kata dia.

Sandi juga menegaskan, jika terpilih, dia akan tetap meneruskan program-program pemerintah sebelumnya yang dinilai baik oleh masyarakat. Program Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Jakarta Sehat (KJS), serta pemberdayaan Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) untuk mendukung kebersihan Ibu Kota akan dilanjutkan.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis survei opini publik terhadap elektabilitas tiga pasangan cagub, yakni elektabilitas pasangan Ahok-Djarot sebanyak 31,4 persen, Anies-Uno sebanyak 21,1 persen dan pasangan Agus-Sylviana sebanyak 19,3 persen. Sementara pemilih yang belum memutuskan sebanyak 28,2 persen.

“Polling itu bagus untuk mendapatkan feedback informasi, tetapi kami tidak mengejar polling, namun betul-betul mengejar bagaimana menyentuh titik-titik dimana warga masyarakat bisa berkomunikasi langsung dengan kami,” ujar Sandiaga Uno.

Bakal cawagub yang diusung Partai Gerindra dan PKS itu mengaku telah melakukan sosialisasi di lebih dari 500 titik di 267 kelurahan yang tersebar di 44 kecamatan lima wilayah DKI. (rmn)

Komentar telah ditutup.