Kandidat Soroti Maraknya Penggusuran Warga Berharap Anies-Uno Pimpin Jakarta

INDOPOS.CO.ID – Pangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno didoakan warga agar memimpin ibukota lewat Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Hal itu disampaikan kepada keduanya saat berkunjung ke wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur, kemarin (7/10).

Pantauan indopos.co.id, pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS)-Gerindra itu mengunjungi warga Cilangkap (Jakarta Timur), Kampung Guji Baru (Jakarta Barat), Kampung Sekretaris (Jakarta Barat), serta Duri Kepa, Kebon Jeruk (Jakarta Barat).

Baca Juga :

Tidak hanya berdialog dengan warga, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melakukan Shalat Jumat bersama warga di Masjid Nurul Huda, Cilangkap, Jakarta Timur. Usai sholat, Sandiaga mendapat doa dari warga.

Salah satu warga setempat, Habib Hamid mengatakan, seluruh warga mendoakan semoga Sandiaga diangkat derajatnya oleh Allah SWT, panjang umur dan kemudian sehat walafiat. Selain itu, dia juga mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Jadikan kami orang yang beriman, jadikan Sandi pemimpin yang sayang kepada rakyat dan sebaliknya. Kami mohon Sandiaga yang lemah dan penuh dosa tapi dia muncul di tengah-tengah kami menjadi manusia yang bisa berikan yang terbaik kepada manusia ya Allah, amin,” ucap dia saat mendoakan Sandiaga, kemarin.

Selain itu, tambah Hamid, dirinya tidak mengenal calon lain selain Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno yang maju di Pilgub DKI Jakarta 2017. Kemudian habib itu juga mengingatkan kepada seluruh umat Islam tidak mudah terprovokasi dengan kasus terkait suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang belakangan ini muncul menjadi pembicaraan publik.

Sedangkan Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat perlakukan serupa. Khatib Masjid Nurul Imandi Kampung Guji Baru, Jakarta Barat pun mendoakannya. Isi doa itu yakni agar Anies Baswedan kelak bernasib mujur bak mantan Walikota Solo yang kini Presiden RI, Joko Widodo.

Khatib itu membeberkan, bila Presiden Jokowi pernah melakukan Shalat Jumat di masjid yang berada di kawasan pemukiman sederhana itu sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta. “Dulu Pak Jokowi shalat disini (masjid Nurul Iman, red) dan menjadi gubernur (DKI Jakarta, red),” tandas dia.

Dia juga berharap agar mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut kelak bisa memimpin Jakarta menggantikan gubernur DKI Jakarta saat ini. Kemudian saat bertemu dengan warga Duri Kepa, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Anies yang datang menggunakan kemeja putih langsung dihujani keluh kesah warga setempat.

Warga juga meminta agar tak digusur. “Pak, nanti kalau jadi (gubernur, red), kita nya jangan digusur ya. Yang enggak punya rumah dikasih rumah yang murah juga sudah cukup, Pak,” ujar Yayuk, seorang warga setempat.

Anies yang mendengarkan permohonan warga tersebut terlihat tersenyum. Ia mengatakan, masalah tempat tinggal akan dikomunikasikan oleh pemerintah provinsi. “Untuk program rumah murah, sebenarnya dari pemerintah pusat memang sudah ada programnya bu, yang jelas nanti kita kedepankan komunikasi dan pendekatan kepada warga,” ujar Anies.

Saat disinggung soal merekrut artis menjadi juru bicara tim pemenangannya? Anies mengatakan, pihaknya belum berencana, karena ada persyaratan khusus. Anies menuturkan, artis yang ingin menjadi juru bicara tim pemenangannya harus memiliki visi dan misi yang sama dengannya.

Selain itu, artis tersebut harus bisa menyampaikan pesan yang disampaikan Anies dan Sandiaga Uno. “Nanti kalau semuanya lengkap (akan dipilih, red), jadi yang penting bagi kami pesannya karena tujuan kami mengubah Jakarta bukan sekadar meramaikan pilkada. Pilihan siapa yang akan bicara harus mencerminkan nilai yang kami percayai,” pungkas dia. (aen)

Komentar telah ditutup.