Permintaan Truk Turun tapi Market Berangsur Pulih

INDOPOS.CO.ID– Permintaan truk sampai September lalu masih mengalami penurunan 20 persen. Pabrikan memprediksi, sampai akhir tahun, penurunan di pasar truk tertahan di angka 15 persen. Laju penurunan itu tertahan karena market yang mulai pulih.

Director of MFTBC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Takahiro Yoshitatsu menyatakan, pasar truk pada September mulai naik jika dibandingkan dengan Agustus sebesar 15 persen. ’’Untuk Mitsubishi, peningkatan penjualannya bisa lebih tinggi kalau dibandingkan dengan nasional. Lebih dari 15 persen,’’ katanya saat gathering Truck Campaign 2016 di Surabaya pada Rabu (12/10).

Baca Juga :

Dia mengungkapkan, harga komoditas yang mulai membaik dan pengaruh positif dari amnesti pajak mendorong permintaan truk di Indonesia. ’’Di beberapa daerah seperti Kalimantan dan Sumatera, permintaan truk mulai pulih lantaran terbantu oleh pulihnya CPO,’’ ujarnya.

Di Jawa Timur, permintaan truk merangkak naik 13 persen sejak dua bulan terakhir ini. Segmen light duty truck (LDT) saat ini masih mendominasi permintaan truk 70 persen. Di segmen tersebut, Mitsubishi lewat produknya, Colt Diesel, mampu memimpin pasar dengan market share mencapai 55 persen.

Setelah itu, segmen truk diisi medium duty truck (MDT) sebesar 25 persen. Di segmen tersebut, pangsa pasar Mitsubishi mencapai 20 persen. Sisanya, 5 persen, diisi heavy duty truck (HDT). ’’Di segmen LDT, kami bahkan akan merayakan penjualan 1 juta unit. Diperkirakan, penjualan di angka 1 juta unit tercapai pada Januari atau Februari tahun depan,’’ jelasnya.

Total penjualan Mitsubishi di LDT sampai akhir September telah mencapai 991.389 unit. Sejak Januari sampai September, penjualan Mitsubishi di LDT berada di angka 18.790 unit.

Baca Juga :

Di segmen MDT, yakni Mitsubishi Fuso, perseroan berhasil menjual 1.670 unit sejak Januari sampai September 2016. ’’Kami akan melakukan apresiasi bagi pelanggan setia Mitsubishi di acara perayaan 1 juta unit penjualan tersebut,’’ tutur Takahiro.

Mitsubishi pun telah meluncurkan beberapa produk teranyar, yaitu tractor head FZ 4028 dan FZ 4928. Selain tractor head, Mitsubishi meluncurkan produk baru: Mitsubishi Fuso FJ2523 dan FJ2528.

Mitsubishi pun menargetkan penjualan 4 ribu unit untuk produk teranyar Fuso. ’’Jumlah pemesanan masih berada di angka 200 unit lantaran memang ini baru saja diperkenalkan. Saat ini kami sangat fokus di Colt Diesel karena mengejar angka penjualan 1 juta unit dan produk itu berkontribusi cukup besar bagi kami,’’ terang Takahiro. Jawa Timur menyumbang penjualan 10–15 persen dengan pangsa pasar sekitar 43,6 persen. (vir/c14/sof/jpg)

Komentar telah ditutup.