Agus-Sylvi Janjikan Bangun Harmonisasi Eksekutif-Legislatif

INDOPOS.CO.ID – Calon gubernur DKI nomor urut 1 Agus-Sylvi bertekat akan membangun hubungan yang sehat antara eksekutif dan legislatif bila terpilih pada pilkada 2017. Menurut Agus hubungan yang sehat antara legislatif dan eksekutif diperlukan karena setiap RAPBD harus mendapat persetujuan legislatif.

“Program peningkatan kualitas pemerintahan dan birokrasi meliputi penjagaan hubungan yang sehat dan produktif antara gubernur dan DPRD,” ujar dia, didampingi calon wakil gubernur DKI Sylviana Murni dalam pidato politik pertama di Jakarta, Minggu (30/10).

Nantinya pasangan nomer urut 1 ini berjanji, pihaknya akan berjuang agar DPRD DKI memberikan dukungan terhadap 10 program unggulan, jika terpilih. “Saya yakin, untuk rakyat dan Jakarta yang lebih baik, pihak eksekutif dan legislatif memiliki komitmen yang sama,” tutur Agus.

Untuk peningkatan kualitas birokrasi dan pemerintahan, Agus juga ingin pembangunan “good governance” dan birokrasi yang responsif, pencegahan penyalahgunaan makna diskresi oleh pemimpin serta peningkatan gaji dan kesejahteraan jajaran pemerintahan secara adil, rasional dan sesuai kemampuan anggaran yang tersedia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana yang ditemui secara terpisah mengatakan hubungan baik eksekutif-legislatif harus dijaga agar program berjalan dengan baik. “Harus dong, ‘kan yang punya duit rakyat, DPRD representasi rakyat dan dipilih berdasarkan undang-undang,” ujar dia.

Bagi Lulung, keinginan Agus agar masyarakat tidak takut pada pemerintah merupakan hal yang luar biasa.

Nantinya, Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti tiga kandidat pasangan calon. Mereka antara lain nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat serta nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Masa kampanye diberlakukan mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.  (amd)

Komentar telah ditutup.