Anies Baswedan Apresiasi Demo 4 November

INDOPOS.CO.ID – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tetap mengapresiasi pelaksanaan aksi damai ratusan ribu pedemo dari berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam yang berlangsung tertib, meski kemudian dikacaukan ulah pihak tidak bertanggungjawab.

“Malah saya mengapresiasi kerapian, ketertiban, dan kedisiplinan dalam pelaksanaan unjuk rasa kemarin (4/11). Mengelola jumlah massa sebanyak itu tidak mudah,” kata Anies di sela-sela kegiatan kampanye di Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

Anies yang pernah menjadi demonstran semasa kuliah di Yogya, mengungkapkan pengalaman dan kerumitannya mengelola aksi unjuk rasa yang diikuti sekitar 13 ribu orang.

Aksi 4 November yang “memutihkan” kawasan Masjid Istiqlal, Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, Patung Arjuna Wijaya, Balai Kota, Monumen Nasional, dan Istana Merdeka itu menurut Anies, menunjukkan iktikad damai dan murni untuk penyampaian pendapat.

Ia juga berterima kasih atas kinerja aparat keamanan yang menjadikan suasana unjuk rasa menjadi nyaman dan aman, tanpa ketegangan dan tindakan semena-mena.

Jika kemudian unjuk rasa berakhir ricuh pada malam harinya, Anies menyebut itu disebabkan ulah kelompok yang berbeda prinsip dengan pengunjuk rasa pagi hingga sore hari.

“Dilihat dari pakaiannya saja berbeda dengan yang berunjuk rasa sejak sore. Saya berharap aparat segera mengungkap siapa para pelaku ini,” kata dia. (rmn)

Komentar telah ditutup.