Tak Ada IPAL, BPLHD DKI Bisa Langsung Segel

INDOPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, belum lama ini, mensosialisasikan kepada para pengelola Gedung Perkantoran, tempat usaha dan Apartemen, terkait instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Sebab, jika tidak ada IPAL dan atau belum diperbaiki maka petugas Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI akan menyegelnya.

“Belum lama ini, pada Jumat lalu, kami telah mendapatkan sosialisasi soal IPAL. Sehingga kami jadi tahu tentang arti pentingnya tersedianya IPAL di sekitar areal Gedung,” ujar salah satu Karyawan Swasta di Jakarta Selatan, Sarwono, 38, pada INDOPOS, Minggu (6/11) siang kemarin.

Baca Juga :

Awasi Ketat Permukiman Kumuh

Ditambahkannya, dalam pertemuan itu, ada sedikitnya 17 orang dari perwakilan pihak pengelola gedung perkantoran di Wilayah Jakarta Selatan, yang hadir. Rencananya, informasi yang dia terima akan banyak lagi pihak pengelola gedung dan perkantoran yang akan mendapatkan sosialisasi.

Apakah itu terkait bahaya oli jika tidak dibuang pada tempatnya, lalu limbah rumah tangga, dan masih banyak lagi. Sebab, dikatakannya, jika tidak memiliki IPAL atau ada IPAL tapi rusak tidak diperbaiki maka akan disegel petugas BPLHD DKI. “Karena limbah itu jika tidak ditangani akan merusak lingkungan disekitarnya,” tandasnya.

Baca Juga :

Sementara, Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi saat dikonfirmasi wartawan terkait apakah ada sosialisasi terkait IPAL di Wilayah Jakarta Selatan khususnya?. Maka Tri Kurniadi belum dapat memberikan jawabannya.

Sebelumnya diberitakan bahwa pihak pengelola Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, hingga kini belum memperbaiki instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang disegel oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta beberapa pekan lalu.

Baca Juga :

PSBB Lanjutan di Jakarta Tekankan Pengetatan

Kepala BPLHD DKI Jakarta, Junaedi mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih mengawasi segel yang dipasang. Dan jika ada pelanggaran terkait pengolahan air limbah, akan ada sanksi tegas bagi pengelola Apartemen Kalibata City.

“Pihak pengelola sampai saat ini belum juga memperbaiki IPAL yang rusak. Jika masih ditemukan pelanggaran selama menjalani sanksi, maka sanksi berikutnya adalah pembekuan izin,” tegasnya pada wartawan, Rabu (10/8) lalu.

BPLHD DKI melakukan segel tujuh IPAL di Apartemen Kalibata City setelah diketahui pihak pengelola membuang limbah tanpa pengolahan ke kolam resapan yang menuju saluran kota di kawasan Kalibata. (ibl)

Komentar telah ditutup.