OJK Terima 1 Juta Laporan Keuangan

INDOPOS.CO.ID-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendapat banyak keluhan terkait layanan jasa keuangan. Aduan masyarakat itu hampir menyentuh 1 juta laporan. Tepatnya, hingga Oktober berada di kisaran 913.092 pengaduan.

Menariknya, dari angka tersebut, sebanyak 107 aduan sepakat tidak ada penyelesaian. ”Kami menerima aduan yang kami terima dari masyarakat,” tutur Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK Anto Prabowo.

Baca Juga :

Deklarasi Pilkada secara Daring

Dia menjelaskan, sektor dengan pelaporan terbanyak berada pada perbankan. Laporan lain juga banyak diterima pada sektor pembiayaan dan asuransi. Perbankan ada laporan 71.068, kemudian 48.000 pertanyaan, dan lebih dari 3.000 pengaduan. ”Kami mewajibkan dan memantau pengawasan dari pelaku jasa keuangan,” imbuh Anto.

Khusus pada semester ini ada 871.746 pengaduan dan sudah selesai 92 persen serta 69 ribu tengah dalam proses. Lalu pada laporan sektor pembiayaan itu ada 20.283, asuransi ada 15.400 pengaduan, yang selesai 89 persen.

Baca Juga :

Selanjutnya, OJK berusaha memperketat pengawasan kepada para konsumen. Wasita jasa keuangan itu akan menerbitkan UU Perlindungan Data Pribadi (DP) untuk menjamin keamanan para nasabah pada berbagai sektor. ”Sebagai tuan rumah organisasi perlindungan konsumen dari berbagai negara, kami akan terus memperkuat keamanan konsumen,” tegas Anto. (far)

Komentar telah ditutup.