Lawan Sporting Lisbon, Ronaldo Diminta Kesampingkan Nostalgia

INDOPOS.CO.ID – Kunjungan Real Madrid ke markas Sporting Lisbon dini hari nanti bakal beraroma nostalgia bagi Cristiano Ronaldo. Bagaimana tidak, bintang Los Blancos itu memulai karir profesionalnya dari klub yang berbasis di Estadio Jose Alvalade, jantung Kota Lisbon, tersebut.

Sayangnya, CR7 harus mengesampingkan emosinya untuk temu kangen dengan mantan tim pertamanya itu, Sebab, dia harus bisa mengantarkan Real merebut tiket babak 16 besar Liga Champions. Sekaligus pecah telur di Estadio Jose Alvalade. Sebab, pasukan Zinedine Zidane itu tidak pernah menang di kandang Sporting.

Baca Juga :

Yang pertama adalah pada leg kedua Piala UEFA 1994/95. Saat itu, Real harus pulang tanpa poin dengan kekalahan 1-2. Los Blancos kembali kalah pada laga persahabatan di markas Sporting (5/8/2000) dengan skor 2-1. Namun, hasil imbang 2-2 akhirnya mereka dapatkan pada kunjungan ketiga saat melakoni matchday pertama Liga Champions 2000/01.

Real baru tampil perkasa di kandang sendiri. Terhitung dalam tiga kali pertemuan mereka di Santiago Bernabeu, Real merengkuh kemenangan besar 4-0 pada matchday keempat Liga Champions 2000/01. Selanjutnya ketika laga persahabatan 27 Agustus 2008 dengan keunggulan 5-3.

Sedangkan yang terakhir adalah pada matchday pertama Liga Champions (14/9) saat Ronaldo menyumbang satu gol dari kemenangan 2-1 Real.
Kini, CR7 dkk memang berada di peringkat kedua klasemen sementara grup F dengan torehan 8 poin. Mereka masih berpeluang untuk lolos ke fase knockout seandainya memenangkan laga ini.

Real sendiri memiliki modal yang bagus jelang lawatan ke Portugal usai mengalahkan Atletico Madrid (19/11) 3-0. Ketiga gol tersebut diborong megabintangnya Ronaldo. Mereka juga dipastikan mendapatkan suntikan tenaga ekstra dengan kembalinya Sergio Ramos dalam skuad kendati tidak dimasukkan ke stater. ”Kemenangan ini akan mencatatkan sejarah tersendiri untuk kami. Tentu, kami tidak akan main-main dan meremehkan kekuatan mereka (Sporting),” ujar Zidane sebagaimana dilansir Marca. ‘

Baca Juga :

Hanya, di sau sisi, Real tidak bisa menurunkan skuad terbaiknya dalam lawatan ini. Toni Kroos, Alvaro Morata, Pepe dan Casemiro masih dalam tahap pemulihan cedera.

Di sisi lain, performa tuan rumah juga sudah kembali oke. Itu setelah Sporting baru saja meraih dua kemenangan beruntun usai kalah tipis 0-1 dari Borussia Dortmund pada matchday ke-4 Liga Champions (2/11). Tim besutan Jorge Jesus itu lantas sukses mengalahkan Arouca (6/11) dan kembali menang telak 5-1 saat menjamu Praiense (17/11) pada lanjutan Taca de Portugal.

Dua kemenangan tersebut, menjadi modal Campbell dkk untuk kembali meraih kemenangan pada laga kandang kali ini untuk menjaga peluang untuk bisa lolos ke babak knockout. Mesk mereka juga mengalami masalah yang sama dengan cedera. Seperti Bruno Paulista, Radosav Petrovic, Jefferson dan Lukas Spalvis.

”Kami tahu mereka (Real) sekarang menjadi tim terkuat di dunia. Itulah mengapa mereka memenangkan Liga Champions. Tetapi, Sporting juga memiliki kepercayaan diri untuk bisa bermain seperti mereka,” ujar pelatih Sporting Jorge Jesus sebagaimana dilansir Football Espana.
”Ini sangat penting untuk kami karena kami membutuhkan poin itu tidak hanya untuk Liga Champions tetapi juga di Europa League,” imbuh dia. (okt)

Komentar telah ditutup.