Agus-Sylvi Terima Keluh Kesah Warga

INDOPOS.CO.ID – Warga Kabupaten Kepulauan Seribu menumpahkan keluh kesahnya pada Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, di Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Keluhan itu salah satunya disampaikan Alex, warga Pulau Tidung. Ia mengeluhkan masalah status pegawai honorer yang belum jelas. “Putra-putri kami sudah lama mengabdi, baik di pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan. Ada yang lima belas tahun masih honor. Mimpi rasanya mereka untuk jadi PNS,” ujar Alex, di hadapan Agus-Sylvi, di lokasi, kemarin.

Baca Juga :

Alex mengatakan, selain soal status PNS, warga Pulau Tidung atau Pulau Seribu mayoritasnya adalah nelayan. Namun pendapatan para nelayan setempat jauh dari cukup. “Perkiraan Mas Agus cukupkah yang didapat? Ini sungguh sangat memprihatinkan,” kata dia.

Selain itu, Alex juga menyampaikan, para nelayan setempat tak mampu mencukupi kebutuhan ikan masyarakat sekitar. Ada 1.400 KK atau sekitar 4.000 warga Pulau Tidung. Dia mengasumsikan satu KK butuh 1 kilogram ikan.

“Ternyata nelayan kami belum sanggup dapat 1.400 kilogram. Harapan kami perhatikan nelayan. Orang pulau dibesarkan dari hasil nelayan,” kata Alex.

Terakhir, masalah layanan kesehatan. Saat ini, lanjut Alex, baru ada puskesmas di kelurahan dan kecamatan. Ia menilai, jumlah puskesmas di Kepulauan Seribu masih kurang. Demikian juga dengan jumlah dokter, khususnya dokter kandungan.

“Yang saya perihatin, urusan lahir saja pakai dibawa ke Jakarta. Jadi tolong utus petugas-petugas kesehatan, sehingga warga kami enggak perlu ke Jakarta,” tambah Alex.

Agus dan Sylvi nampak menyimak penyampaian dari Alex. Sebelum tiba di lokasi acara yang terdapat tenda itu, Agus menyapa warga di pemukiman Pulau Tidung.

Sedangkan Pulau Tidung terdiri dari 29 RT, 4 RW, dan 1 kelurahan. Luasnya 48 hektar. Pulau Tidung dibagi dua, yakni Tidung Besar dan Kecil. Hanya Pulau Tidung Besar yang dihuni warga.

Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono punya keinginan untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Seribu.
Menurut Agus, pariwisata bisa meningkatkan lapangan kerja bagi mayarakat setempat. “(Pariwisata) itu menjadi prioritas kita bahwa kita punya potensi yang besar sebetulnya,” kata Agus.

Agus menegaskan, perlu dilakukan penguatan fasilitas di Kepulauan Seribu, sehingga lebih menjadi daya tarik bagi wisatawan. Misalnya dengan menyediakan akses yang baik, nyaman, bersih, tersedia fasilitas umum. “Termasuk untuk sport. Kita berharap tidak hanya rekreasi, tetapi sport ya, olahraga air,” ungkap Agus.

Agus berharap, dukungan pada olahraga air bisa mencetak atlet berprestasi dan berkelas nasional dan luar negeri. (wok)

Komentar telah ditutup.