Selasa, 20 November 2018 09:05 WIB
pmk

Liga Inggris

Track Jakarta Kembali Berpetualang di Kawasan Hutan Lindung Gunung Halimun

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Track Jakarta kembali berpetualang dengan sepeda motor trail di kawasan Hutan Lindung Gunung Halimun, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/10). Jumlah peserta 8 orang dengan start dari Landasan Motor Sport (LMS) di Jl. Pondok Cabe Raya No. 100, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Sekira pukul 21.00 WIB para crosser memulai petulangannya menuju kawasan Hutan Lindung Gunung Halimun, Bogor, Jawa Barat.

Petualangan TRACK Jakarta kali ini terdiri dari, Katon LMS, Pinay, Adit “Ableh”, Baink, Rangga, Rinto, Royen, dan Shincan. Sebelum memasuki kaki Gunung Halimun tepatnya di rumah Abah Ampat di Cianten, Bogor, Jawa Barat, peserta offroad ini bermalam dan beristirahat untuk mempersiapkan diri menuju Halimun. 

Sebelum memulai petualangan, Mekanik Katon LMS menjelaskan bagaimana kondisi perjalanan melintasi Halimun dan berbagai kendala yang harus dihadapi. “Sebaiknya kita berdoa bersama sebelum memulai perjalanan memasuki hutan, dalam perjalanan nanti jangan pernah takabur dan berbagai kendala seperti jalur yang licin dikarekan faktor cuaca bisa dijumpai, untuk itu kita selalu berdoa agar diberikan keselamatan dan kelancaran," ujar Katon LMS saat ditemui di Cianten, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/11).

Katon menambahkan, bagaimana cara menghadapi motor yang bermasalah dan selalu untuk memperhatikan keselamatan anggota kelompok perjalanan ini. Saat memberikan arahan, mekanik handal ini pun memeriksa kondisi sepeda motor dan peralatan pendukungnya agar dapat diperiksa dengan teliti. "Perencanaan yang cukup matang ini ternyata sangat bermanfaat dalam menempuh perjalanan, sungguh merupakan sebuah petualangan penjelajahan tidak bisa dibilang ringan," tambah putra asli betawi ini. 

Para perserta diajak bertualang dan menjelajahi medan-medan ekstrem
Bukan hanya karena jalur offroad yang dilewati cukup menantang offroader juga harus menempuh jarak belasan kilometer dengan rute jalan berlumpur dan berbatu, melewati aliran sungai serta ranting-ranting pohon yang menjuntai turut menghiasi perjalanan ini. 

Lintasan open track lengket dan licin menjadi santapan yang harus dinikmati dalam perlintasan kali ini. Banyaknya pohon tumbang pun sering dijumpai. Bahkan suka duka menjadi ciri khas komunitas yang selalu mengutamakan ibadah dalam setiap perjalanan dalam berpetualang menggunakan motor trail ini. 

Perlu diketahui pula medan jalur Halimun sebenarnya memang membutuhkan keterampilan dan keseimbangan khusus yang dmiliki para offroader. 

Meskipun pada awalnya petualangan ini direncanakan berakhir pada hari Minggu (27/11), dikarekan faktor cuaca, menyebabkan perjalanan terhalang dan baru bisa mencapai akhir perjalanan pada Senin (28/11). Halangan dan rintangan merupakan bagian perjalan yang menyenangkan, dan Komunitas offroader dibawah naungan Capt. H. Wisnu dalam setiap menempuh perjalanan tersebut benar-benar menikmati, karena keahlian semacam itu telah diberikan dalam pelatihan rutin.

Yang menjadi sorotan dalam petualangan ini dengan hadirnya seorang anggota offroader wanita Pinay (25), bahkan dirinya mengaku bahwa kegiatan offroad tersebut memerlukan konsentrasi penuh dan mental yang kuat. Wanita yang sehari-hari bekerja disalah satu hotel ternama dikawasan Jakarta ini mengatakan, jalur offroad sebenarnya tidak mengutamakan kecepatan saja melainkan terciptanya keseimbangan pengendaranya. Selain itu, kebersamaan dan kekompakan menjadi modal utama dalam sebuah petualangan.

“Motocross di jalur offroad juga mengutamakan kerja sama dan saling menolong di antara anggota klub yang menghadapi kendala seperti terjatuh atau sepeda motor tiba-tiba mogok. Ini dibuktikan ketika dalam perjalanan berbagai rintangan yang harus dihadapi” kata Pinay.

Dalam petualangan tersebut berakhir didaerah Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar. Berbagai rintangan para offroader tidak menjadi halangan mereka untuk menempuh perjalanan tersebut, walaupun perbekalan dan peralatan minim mereka tetap semangat menempuh perjalanan itu. Bahkan cuaca ektrim para offroader terbukti mampu melibas kendaraannya tanpa kenal rasa lelah. 

Berkat kepiawaian Katon LMS dalam memimpin rombongan offroader ini, mereka berhasil dengan selamat, aman dan lancar menembus hutan rimba tersebut. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

Target PAD Reklame Tak Tercapai

Megapolitan

Mabes Polri: Situasi Sudah Terkendali

Headline

Martir (Hidup) Itu Bernama Novel Baswedan

Opini

Asyik, Ariel Tatum Balikan Lagi Sama Mantan

Indotainment

IKLAN