Pertamina Berpotensi Jadi Perusahaan Kelas Dunia

INDOPOS.CO.ID – PT Pertamina (persero) diyakini bakal menjadi perusahaan energi terintegrasi kelas dunia. Itu lantaran adanya dukungan penuh dari pemerintah, terutama dengan masuknya Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina.
 
Arcandra menjadi Wakil Komut Pertamina berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang dituangkan dalam salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-254/MBU/11/2016, Senin (14/11) lalu. Ia menggeser posisi Edwin Hidayat Abdullah yang diturunkan sebagai anggota Komisaris Pertamina. Edwin selanjutnya mengisi posisi Widhyawan Prawiraatmadja yang pada saat bersamaan diberhentikan sebagai Komisaris Pertamina.

"Saya kira ini pilihan profesional. Yakni menempatkan orang-orang yang punya kompetensi di bidangnya," kata Pengamat Hukum Sumber Daya Alam Ahmad Redi, di Jakarta, kemarin (1/12).

Baca Juga :

Ini Tantangan Dana Pensiun BUMN

Redi mengakui, selama ini banyak orang-orang penting di BUMN memiliki komunikasi yang tidak begitu baik dengan kementerian ESDM. Komunikasi yang dilakukan lebih banyak ke kementerian BUMN, sehingga dengan adanya Arcandra diharapkan komunikasi bisa berjalan lebih baik dengan Kementerian ESDM.

Menurut Komisi VII DPR Gus Irawan, mengatakan keberadaan Arcandra tidak akan menimbulkan conflict of interest, meskipun melekat dalam diri Arcandra sebagai wakil pemerintah. Mengingat 100 persen saham Pertamina adalah milik negara. ”Beliau yang akan mengawasi secara langsung segala gerak gerik dan kebijakan yang dilakukan Pertamina apakah sejalan dengan kebijakan pemerintah,” katanya. 

Baca Juga :

Senada dengan Gus Irawan, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, ke depan Pertamina akan lebih baik dan tumbuh sebagai perusahaan migas berskala Internasional, baik di sisi hulu maupun di sisi hilir. (vit)

Komentar telah ditutup.