Rabu, 26 September 2018 04:20 WIB
pmk

Megapolitan

Operasi Zebra Berakhir, Razia Tetap Jalan

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID  – Pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2016 telah usai, tapi patroli dan razia kendaraan baik roda dua dan roda empat tetap dilakukan Polres Bulungan. Razia kendaraan digelar di Jalan Jambu, kemarin (2/12), dan berhasil menjaring 22 pelanggaran. 

Dalam razia tersebut, tidak ada tebang pilih yang harus diperiksa saat pengendara melintasi kawasan itu, mulai sepeda motor, mobil hingga truk tak luput dari pemeriksaan petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bulungan. Termasuk bagi pelajar yang menggunakan sepeda motor dan belum berhak mengantongi surat izin mengemudi (SIM). 

Menurut Pjs Kasubag Humas Polres Bulungan Aiptu Tutut Murdayanto mewakili Kapolres AKBP Ahmad Sulaiman, personel Satlantas yang dilibatkan dalam razia ada 15 orang. Polres Bulungan bekerja sama dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kaltara untuk masalah pajak kendaraan. 

“Pengendara yang terjaring ada 22 pelanggaran, terdiri dari 2 pengendara tak miliki SIM, 8 tanpa surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan 12 sepeda motor. Sepeda motor dibawa ke Mako Polres Bulungan,” sebut Tutut kepada media ini, Jumat (2/12). 

Razia yang dilakukan kali ini sebagai upaya dan antisipasi siaga satu, meskipun sudah menggelar Operasi Zebra selama dua pekan. Pasalnya, bukan sekadar razia kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Bahkan, ada personel yang melakukan patroli di beberapa kawasan lain. Seperti pemeriksaan terhadap masyarakat di dermaga penyeberangan Tanjung Selor-Tanjung Palas dan Pelabuhan Kayan II yang dipergunakan penumpang speedboat reguler. 

“Selain di jalan raya dengan gelar razia, pemeriksaan dilakukan di dermaga dan pelabuhan apabila ditemukan barang-barang yang berbahaya. Tapi hasil pemeriksaan tidak ditemukan barang yang mencurigakan,” urainya. 

Dia juga mengatakan, pemeriksaan kendaraan maupun patroli keliling tetap akan dilaksanakan hingga pergantian tahun mendatang. Mengenai waktu dan lokasi, tidak bisa ditentukan karena sewaktu-waktu akan digelar. 

“Kita antisipasi dengan hal-hal yang tak diinginkan, apalagi ini menjelang Natal dan tahun baru 2017. Terutama titik-titik rawan tindakan kriminal perlu dicegah,” tuntasnya. (*/uno/fen/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #operasi-zebra 

Berita Terkait

IKLAN