Rabu, 26 September 2018 10:03 WIB
pmk

Hukum

Mantan Bupati Ini Minta Jaksa Tetapkan Sekda Tersangka

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

TAK MAU SENDIRIAN: Mantan Bupati Seluma, H.Murman Effendi, SH, MH.

INDOPOS.CO.ID– Mantan Bupati Seluma, H.Murman Effendi, SH, MH mendesak jaksa menetapkan Sekda Seluma, Irihadi sebagai tersangka dalam kasus proyek Multiyears Seluma tahun 2011. Hal ini dikatakannya, usai menjalani persidangan korupsi Proyek Multiyears Seluma di Pengadilan Tipikor Bengkulu (1/12).

Dikatakan Murman, saat menjabat sebagai Kepala DPPKAD Seluma, Irihadi telah mencairkan uang muka untuk pengerjaan proyek Multiyears tahun 2011 sebesar Rp 33 miliar dati total uang muka sebesar Rp 50 miliar lebih. “Padahal uang muka itu tidak dianggarkan dalam APBD Seluma tahun 2011. Jadi saya minta, jaksa juga menetapkan Irihadi sebagai tersangka,” tegas Murman kepada RB.

Dalam persidangan Murman juga menyebutkan uang muka yang dibayarkan ke PT. PSP tersebut, ternyata merupakan uang untuk proyek multiyers selama lima tahun. “Artinya, kalau proyek multiyears selama 5 tahun, uang muka itu dibayarnya di akhir tahun, bukan diawal pengerjaan seperti ini. jelas itu tidak sesuai peruntukkan,” sambung Murman.

Menurut Murman, di akhir tahun 2011 saat Irihadi sedang cuti besar, PT. PSP kembali mengajukan pencairan kekurangan uang muka ke DPPKAD. Namun permintaan itu ditolak, dengan alasan uang muka tersebut tidak dianggarkan dalam APBD 2011. Bahkan, DPPKAD malah meminta agar PT. PSP segera mengembalikan uang muka yang sudah  terlanjur dibayarkan  sebesar Rp 33 miliar.

”Nah jadi intinya Perbup Nomor 5 tahun 2011 tentang Multiyears ini kan belum berlaku. Sementara yang jadi inti kasus saya ini adalah mengenai Perbup tersebut. Saya minta jaksa bisa adil dan tidak tebang pilih,” ketus Murman.

Dia pun meminta agar Bupati Seluma, Bundra Jaya dihadirkan ke persidangannya untuk dimintai keterangan.(fiz/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN