Jumat, 21 September 2018 11:00 WIB
pmk

Liga Inggris

Pemenang Manchester City vs Chelsea Pasti jadi Pemuncak

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Duel dahsyat, bakal langsung terjadi pada pertandingan pembuka pekan 14 Liga Primer Inggris (EPL) 2016/17. Manchester City (peringkat 3/30 poin), bakal menjamu pemuncak klasemen sementara Chelsea (31 poin) di Etihad Stadium, Sabtu (3/12) ini malam WIB. Perebutan puncak klasemen Liga Primer bakal terjadi saat Chelsea menghadapi tuan rumah Manchester City.

Siapapun yang mampu memenangkan pertandingan ini, bakal ada di peringkat teratas klasemen sementara liga. Tapi, mampukah City membendung Chelsea, tim yang sedang menjalani periode 7 menang beruntun di liga (selisih gol 19-1)? Jawabannya, tetap ada kemungkinan menang.

Karena armada asuhan Josep Guardiola, punya modal belum terkalahkan dari 6 laga terakhirnya di liga (3 menang, 3 seri). Namun, bekal terpenting tim Manchester Biru, ada dalam rekor head to head kontra Chelsea. Karena di liga musim lalu, tim London Biru dua kali takluk di tangan City. 

Lalu kalau mau dirunut ke belakang, The Blues belum bisa mengalahkan City lagi, pada empat bentrok teraktual di liga. Kemenangan terakhir Chelsea di Etihad Stadium pada ajang liga, terjadi pada 3 Februari 2014, dengan skor 1-0 via gol semata wayang Branislav Ivanovic.

Winger Manchester Raheem Sterling menekankan pentingnya pertandingan melawan Chelsea. Oleh karena itu, Manchester City disebutnya harus fokus penuh sejak menit pertama. City dan Chelsea saat ini sedang bersaing ketat di klasemen Premier League. City menempati peringkat ketiga dengan 30 poin dan hanya tertinggal satu angka dari Chelsea yang ada di puncak.

“Menghadapi Chelsea, City mengincar tiga poin. Kemenangan disebutnya akan menegaskan status The Citizens sebagai salah satu kandidat kuat juara Premier League. Karena itu, City tak boleh tergelincir di pertandingan ini. Fokus penuh diperlukan sejak menit pertama untuk menghadapi perlawanan tim arahan Antonio Conte itu. Kami ingin bersaing dengan tim-tim seperti Chelsea di akhir musim jadi ini adalah pertandingan besar bagi kami. Kami tahu ini adalah pertandingan di mana kami harus bersaing sejak menit pertama dan yang tidak boleh kami biarkan lepas. Kami akan fokus sepenuhnya dan siap menantang dan tidak memberi mereka pertandingan yang mudah. Ini adalah pertandingan yang harus kami menangi untuk dipandang lebih serius dan membuat pernyataan. Mereka memainkan sepakbola yang luar biasa, mencetak banyak gol dan kebobolan sangat sedikit, tapi kami fokus sepenuhnya dan manajer menyiapkan kami,” ujar Sterling dikutip Sky Sports.

Sistem tiga bek yang diterapkan Antonio Conte terhadap Chelsea terbukti lebih sip. Formasi itu akan mendapatkan ujian sesungguhnya kala berjumpa City  nanti malam. Chelsea menunjukkan laju sempurna dalam enam pertandingan Premier League belakangan ini. The Blues mencatatkan enam kemenangan beruntun dengan cuma kebobolan satu gol. Hasil positif itu diraih dari Hull City, Leicester City, Manchester United, Southampton, Everton, dan Midlesbrough, dan Tottenham Hotspur.

Hasil-hasil sip itu dibuat Chelsea setelah mengubah formasi sejak bulan Oktober. Setelah sempat menggunakan empat bek, Chelsea mengubah dengan pola 3-4-3. Sistem itu bukan skenario baru Conte. Dia telah menggunakannya sejak menangani Juventus dan timnas Italia. Kini, formasi itu akan mendapatkan ujian terberatnya. 

“Mereka (Manchester City) telah memenangkan banyak pertandingan dalam laga-laga sebelumnya dan Etihad bukanlah stadion yang menggembirakan buat Chelsea dalam beberapa musim belakangan," kata mantan pemain Inggris yang kini menjadi asisten pelatih di Aston Villa, Ray Wilkins, dikutip Sky Sport. 

So, laga itu akan cukup berat buat Chelsea. Apalagi ditambah dengan Guardiola yang bakal memperhatikan hasil-hasil Chelsea yang cuma kebobolan satu gol dalam tujuh pertandingan. 

“Dengan berkonsentrasi soal itu, Guardiola bisa susah tidur pada Jumat malam. Namun, bagaimanapun mereka mempunyai kualitas dan para pemain yang bisa menyebabkan Chelsea punya banyak masalah. Mereka akan menjawab dengan sebenar-benarnya apakah sistem tiga bek Conte masih cukup tangguh menghadapi tim-tim top. Mereka bakal jadi ujian sesungguhnya buat Chelsea," ucap dia. (dts/snc)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-inggris 

Berita Terkait

Prediksi Tottenham vs Liverpool, Si Merah Tak Boleh Panik

Liga Inggris

Tottenham Hotspur vs Liverpool, Tim Tamu Pede

Liga Inggris

Liverpool vs Brighton, Sinyal The Reds Beri Bukti ke City

Liga Inggris

Bisa-Bisa Cech Balik Kucing ke The Blues

Liga Inggris

Pochettino Arsiteki Tottenham Hingga 2023

Liga Inggris

IKLAN