Kamis, 15 November 2018 10:27 WIB
pmk

Total Football

Mau Tak Mau Harus Menang!

Redaktur:

HARUS MOVE ON: Gustavo Giron dan kawan-kawan saat latihan di Stadion Gelora Bangkalan (3/11).

INDOPOS.CO.ID - Tanpa kemenangan dalam enam pertandingan terakhir, mengemas sekali seri dan lima kali kalah, membuat Persegres Gresik United saat ini terjerembab ke posisi dua dari bawah, alias 17, pada klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC).
    
Mereka hanya berselisih satu poin dari PS TNI yang menjadi juru kunci. Malah, PS TNI bisa menyodok Persegres karena masih memiliki tabungan surplus satu laga.
    
Situasi yang sangat tidak menguntungkan bagi Persegres ketika harus menjamu PSM Makassar di Stadion Petrokimia Gresik malam nanti. ”Karena itu, mau tidak mau kami harus menang,” tegas Pelatih Persegres Eduard Tjong ketika ditemui seusia uji coba lapangan sore kemarin (2/12).
    
Arsitek yang akrab disapa Edu itu mengatakan, pengalaman rentetan hasil negatif haruslah segera dilupakan jika ingin move on dan menjauh dari tekanan PS TNI.
    
Dengan sisa empat laga lagi, Persegres haruslah bisa menampilkan fighting spirit. ”Tidak ada lagi main kurang gereget seperti yang sudah-sudah,” tutur pelatih yang pernah menangani timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 tersebut.
    
Hal yang sama juga dikatakan bek tengah sekaligus kapten Laskar Joko Samudro, julukan Persegres, Sasa Zecevic.
    
”Malah, saya merasa bahwa hasil positf bakal menaungi kami,” tuturnya kepada Jawa Pos (Grup Indopos). Sebabnya, lanjut bek berkebangsaan Serbia itu, mereka bakal tampil dengan skuad komplet. 
    
Di lini depan, top scorer Patrick da Silva bakal menjadi tumpuan dengan mendapat sokongan dari Oh In-kyun, Agus Indra, dan Ghozali Siregar. Zecevic menjelaskan, sejatinya Patrick maupun In-kyun telah turun ketika Persegres dikandaskan Bali United 0-1 (27/11).

Namun, saat itu, Patrick baru saja kembali dari masa skorsing empat laga setelah menerima kartu merah akibat berseteru dengan bek Persib Bandung Diogo Alexandre Ferreira (22/10).
    
Sementara In-kyun baru saja pulih dari cedera lutut. ”Melawan Bali United menjadi laga adaptasi bagi mereka berdua. Jadi, saya rasa mereka bisa tampil on fire sekarang,” puji bek berusia 33 tahun tersebut.
    
Motivasi Persegres makin berlipat karena kiper utama, Dimas Galih, telah pulih dari cedera ketika menghadapi Bhayangkara FC (12/11). ”Dia bisa saya mainkan,” ujar pelatih asal Solo itu. 

Sementara fullback kiri Riyandi Ramadhana kabarnya juga sudah sembuh dari cedera punggung. Hanya, khusus Riyandi mengatakan bahwa dia bakal melakukan pengecekan kondisi lagi.
    
Lebih lanjut, ketika ditanya siapa pemain yang bakal dijaga dengan ketat, Zecevic mengatakan bahwa duet bomber Titus Bonai dan M. Rahmat menjadi motor daya dobrak Juku Eja, julukan PSM Makassar.
    
”Kecepatan mereka ketika melakukan serangan dari sayap menakutkan,” ujarnya. Selain itu, playmaker jangkung asal Belanda yang baru bergabung di paro kedua, Willem Jan Pluim, juga tidak bisa dianggap remeh.
    
Karena itu, Zecevic menuturkan telah mendapat tugas khusus dari Edu untuk me-marking ketat Tibo, panggilan Titus Bonai. ”Sedangkan Pluim mungkin akan dikawal oleh Sidik Saimima,” paparnya.
    
Terpisah, Media Officer PSM Ramli Manong mengatakan, pelatih kepala Robert Rene Alberts begitu gembira dengan lawatannya ke Kota Pudak.
    
Sebabnya, dia bisa membawa 19 pemain. Selama ini, tutur Ramli, PSM hanya bisa mendaftarkan 14-15 orang pemain karena berbagai badai cedera. ”Dengan banyaknya pemain yang dibawa, coach Rene punya banyak pilihan,” katanya via sambungan telepon kepada Jawa Pos.
    
Salah satunya, Rene bisa menurunkan striker Luis Ricardo Lino dos Santos sebagai pelapis Tibo yang belakangan tengah kurang fit. Luis sendiri sempat absen enam pekan akibat menderita cedera engkel. (apu/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-indonesia 

Berita Terkait

Ibarat Melawan Arema Bayangan

Liga Indonesia

Legiun Asing Bisa Tampil Lagi

Liga Indonesia

Luthfi Pikat Hati RD

Liga Indonesia

Amankan Tiket Asia

Liga Indonesia

Masuk Zona Aman, Butuh Dua Poin

Liga Indonesia

Skuad Seadanya ke Serui

Liga Indonesia

IKLAN